Hilda, Anastasia (2014) Pola komunikasi interpersonal di antara owner dalam manajemen perusahaan: Studi kasus pada para pemilik perusahaan PT. Megapolitan cipta mandiri. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dalam sebuah perusahaan, komunikasi antar pribadi individu yang bekerja di dalamnya menunjukan bagaimana hubungan dan interaksi dilakukan demi pencapaian tujuan bersama sebagai satu perusahaan. Komunikasi berperan penting dalam pengambilan putusan, penanggulangan masalah, rencana untuk perkembangan perusahaan, kinerja dan kepuasan karyawan, dapat diketahui dengan komunikasi yang baik. Komunikasi dalam organisasi perusahaan ini memiliki arusnya yang terbentuk secara alami, dan membentuk pola tersendiri. Dalam prakteknya komunikasi antar pemilik perusahaan memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan perusahaan itu sendiri. Judul skripsi ini adalah “Pola Komunikasi Interpersonal di antara Owner dalam Manajemen Perusahaan: Studi Kasus pada Para Pemilik Perusahaan PT. Megapolitan Cipta Mandiri”. Tujuannya untuk mengetahui di suatu perusahaan yang memiliki enam pemilik, bagaimana komunikasi yang terjadi di antara mereka dalam menjalankan suatu perusahaan. Bagaimanakah pola yang terbentuk dari komunikasi antar pribadi yang terjadi di antara mereka. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, sifat penelitian yaitu deskriptif. Instrumen penelitiannya adalah studi pustaka, dan pedoman wawancara mendalam, dengan informan yang berjumlah enam orang. Tiap-tiap informan merupakan pemilik dari perusahaan PT. Megapolitan Cipta Mandiri. Wawancara mendalam dengan maksud mendapatkan data yang utuh dari lapangan, mengenai komunikasi antar pribadi yang terjadi di antara para pemilik perusahaan. Dengan melakukan triangulasi data, data yang didapatkan berupa kata-kata, kalimat-kalimat, atau narasi-narasi kemudian dikategorikan untuk membentuk pola komunikasi yang ingin dicari. Hasil penelitian didapati tiga pola yang terbentuk dikarenakan sifat dari komunikasi yang berubah-ubah, sesuai kebutuhan dan selalu berkembang. Penelitian ini menemukan adanya sebuah pola yaitu pola bintang yang mencerminkan keterbukaan di antara pemilik perusahaan. Namun pola ini tidak berlaku pada dua situasi yang lain, yaitu pada penanggulangan masalah dan pengambilan putusan ditemui adanya pola kekuasaan interpersonal, dan pada eksklusifitas detil informasi dalam pengelolaan keuangan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 03:28 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 04:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/983 |
Actions (login required)
View Item |