Octavianti, Anggriani (2014) Representasi ideologi patriarki pada film air terjun pengantin (analisis semiotika charles s. Peirce). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Film pada dasarnya digunakan sebagai media yang merefleksikan realitas, atau bahkan membentuk realitas Wanita diposisikan sebagai objek tontonan di dalam film, yang posisi penontonnya adalah kaum laki-laki. Wanita menjadi produk atau komuditi film yang sempurna, yang tubuhnya dipenuhi dengan berbagai close-up wanita menjadi ramuan utama film yang menjadi menu utama bagi mata penontonnya yang mayoritas lakilaki. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui representasi ideologi patriarki pada fil Air Terjun Pengantin.Representasi ideologi patriarki akan dilihat baik dari tanda verbal maupun non verbal. Untuk mengetahui representasi ideologi patriarki , peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Peneliti akan menggunakan analisis hubungan segitiga makna Peirce, yang mengkategorikan tanda-tanda berdasarkan ikon, indeks, dan juga simbol. Dari hasil peneiltian ini ditemukan representasi ideologi patriarki pada film Air Terjun Pengantin Ditemukan tanda-tanda yang menunjukkan representasi ideologi patriarki, dalam bentuk verbal ataupun non-verbal, baik berupa tanda ikon, indeks dan juga simbol.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 04:06 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 04:40 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/999 |
Actions (login required)
View Item |