Naomi, Michelle Christine (2018) Pengaruh penyampaian pesan iklan terhadap keputusan pembelian: survei iklan “ada shopee, selalu di hati”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kehadiran teknologi di tengah masyarakat membuat segala sesuatu yang diinginkan menjadi serba cepat dan praktis. Salah satunya adalah dengan berbelanja online melalui e-commerce. Perkembangan e-commerce yang meningkat juga membuat persaingan perusahaan antar e-commerce semakin ketat. Untuk itu, Shopee sebagai salah satu e-commerce baru di Indonesia menggunakan iklan sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran. Namun, dalam menyampaikan sebuah iklan, perlu dipertimbangkan bagaimana isi pesan iklan yang baik agar mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat. Terdapat enam dimensi dalam pesan iklan yaitu simple, unexpected, persuasive, entertaining, relevant, acceptable. Penelitian ini berjudul Pengaruh Penyampaian Pesan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian: Survei Iklan “Ada Shopee, Selalu di Hati”. Tujuannya adalah ingin mengetahui seberapa besar pengaruh penyampaian pesan iklan terhadap keputusan pembelian dalam iklan “Ada Shopee, Selalu di Hati”. Metode yang digunakan adalah metode survei dan kuesioner sebagai instrument pengumpulan datanya. Dari hasil penelitian, uji korelasi antar variabel pesan iklan (X) dan keputusan pembelian (Y) memiliki nilai sebesar 0,805 yang menjelaskan bahwa korelasi antar variabel pesan iklan (X) dan keputusan pembelian (Y) mempunyai pengaruh yang sangat kuat. Sementara, untuk uji regresi pada kolom R Square memiliki nilai sebesar 0,649 atau 64,9%. Sehingga, variabel pesan iklan (X) memiliki pengaruh sebesar 0,649 atau 64,9% terhadap keputusan pembelian (Y).
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | E-commerce, Shopee, Pesan Iklan, Keputusan Pembelian |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 04:19 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6146 |
Actions (login required)
View Item |