Naomi, Michelle Christine
(2018)
Pengaruh penyampaian pesan iklan terhadap keputusan pembelian: survei iklan “ada shopee, selalu di hati”.
Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kehadiran teknologi di tengah masyarakat membuat segala sesuatu yang diinginkan
menjadi serba cepat dan praktis. Salah satunya adalah dengan berbelanja online
melalui e-commerce. Perkembangan e-commerce yang meningkat juga membuat
persaingan perusahaan antar e-commerce semakin ketat. Untuk itu, Shopee sebagai
salah satu e-commerce baru di Indonesia menggunakan iklan sebagai salah satu
strategi komunikasi pemasaran.
Namun, dalam menyampaikan sebuah iklan, perlu dipertimbangkan bagaimana isi
pesan iklan yang baik agar mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat. Terdapat
enam dimensi dalam pesan iklan yaitu simple, unexpected, persuasive, entertaining,
relevant, acceptable.
Penelitian ini berjudul Pengaruh Penyampaian Pesan Iklan Terhadap Keputusan
Pembelian: Survei Iklan “Ada Shopee, Selalu di Hati”. Tujuannya adalah ingin
mengetahui seberapa besar pengaruh penyampaian pesan iklan terhadap keputusan
pembelian dalam iklan “Ada Shopee, Selalu di Hati”. Metode yang digunakan
adalah metode survei dan kuesioner sebagai instrument pengumpulan datanya.
Dari hasil penelitian, uji korelasi antar variabel pesan iklan (X) dan keputusan
pembelian (Y) memiliki nilai sebesar 0,805 yang menjelaskan bahwa korelasi antar
variabel pesan iklan (X) dan keputusan pembelian (Y) mempunyai pengaruh yang
sangat kuat. Sementara, untuk uji regresi pada kolom R Square memiliki nilai
sebesar 0,649 atau 64,9%. Sehingga, variabel pesan iklan (X) memiliki pengaruh
sebesar 0,649 atau 64,9% terhadap keputusan pembelian (Y).
Actions (login required)
 |
View Item |