UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Aplikasi Absensi dengan Metode Gamifikasi Berbasis Website

Anggara, Eriko (2020) Rancang Bangun Aplikasi Absensi dengan Metode Gamifikasi Berbasis Website. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)

Abstract

Pengisian absensi merupakan hal yang seharusnya dilakukan oleh karyawan di suatu perusahaan secara rutin setiap harinya. Perusahaan seperti PT Sumber Inovasi Informatika pun juga menerapkan pengisian absensi untuk mendata kehadiran karyawan. PT Sumber Inovasi Informatika melakukan pengisian absensi menggunakan aplikasi ERPNext dengan cara melakukan data entry ke dalam dokumen yang disediakan di dalam aplikasi. Namun pengisian absensi tidaklah terjadi setiap harinya di PT Sumber Inovasi Informatika. Terkadang absensi akan dilengkapi oleh para karyawan pada saat akhir bulan telah tiba. Penggunaan metode gamifikasi dapat meningkatkan rutinitas pengisian absensi pada karyawan. Marc e ki Gamifica ion Framework digunakan sebagai kerangka dalam merancang dan membangun aplikasi absensi dengan metode gamifikasi. Aplikasi dibuat dengan basis website menggunakan framework ReactJS dan terintegrasi ke aplikasi ERPNext. Elemen game yang digunakan di dalam aplikasi berupa leaderboard, achievement dan juga point. Hasil dari uji coba dengan metode pretest posttest control group design menunjukkan bahwa metode gamifikasi meningkatkan rutinitas pengisian absensi sebanyak 245,45 persen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Absensi, ERPNext, Gamifikasi, Pretest Posttest Control Group Design, React JS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 02:34
Last Modified: 05 Dec 2020 02:34
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/13886

Actions (login required)

View Item View Item