Anggara, Eriko (2020) Rancang Bangun Aplikasi Absensi dengan Metode Gamifikasi Berbasis Website. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (844kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (345kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (657kB) |
Abstract
Pengisian absensi merupakan hal yang seharusnya dilakukan oleh karyawan di suatu perusahaan secara rutin setiap harinya. Perusahaan seperti PT Sumber Inovasi Informatika pun juga menerapkan pengisian absensi untuk mendata kehadiran karyawan. PT Sumber Inovasi Informatika melakukan pengisian absensi menggunakan aplikasi ERPNext dengan cara melakukan data entry ke dalam dokumen yang disediakan di dalam aplikasi. Namun pengisian absensi tidaklah terjadi setiap harinya di PT Sumber Inovasi Informatika. Terkadang absensi akan dilengkapi oleh para karyawan pada saat akhir bulan telah tiba. Penggunaan metode gamifikasi dapat meningkatkan rutinitas pengisian absensi pada karyawan. Marc e ki Gamifica ion Framework digunakan sebagai kerangka dalam merancang dan membangun aplikasi absensi dengan metode gamifikasi. Aplikasi dibuat dengan basis website menggunakan framework ReactJS dan terintegrasi ke aplikasi ERPNext. Elemen game yang digunakan di dalam aplikasi berupa leaderboard, achievement dan juga point. Hasil dari uji coba dengan metode pretest posttest control group design menunjukkan bahwa metode gamifikasi meningkatkan rutinitas pengisian absensi sebanyak 245,45 persen.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Absensi, ERPNext, Gamifikasi, Pretest Posttest Control Group Design, React JS |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 02:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 01:29 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13886 |
Actions (login required)
View Item |