UMN Knowledge Center

Analisis Sentimen Terhadap Pelayanan Mass Rapid Transit pada Aplikasi Instagram

Anggana, Arvin (2020) Analisis Sentimen Terhadap Pelayanan Mass Rapid Transit pada Aplikasi Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)

Abstract

Oleh: Arvin Anggana Analisis sentimen merupakan pengolahan data tekstual yang berasal dari opini manusia, untuk mengungkapkan hal – hal yang menarik ataupun tidak menarik yang digunakan untuk mencari informasi didalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan opini masyarakat terhadap pelayanan transportasi MRT, seperti contohnya keamanan, kebersihan, dan pelayanan lainnya. Data yang diperoleh untuk penelitian ini berasal dari aplikasi Instagram dengan mengambil komentar setiap 500 post terakhir yang dilakukan oleh akun @mrtjkt dengan periode 30 Desember 2018 hingga 29 Februari 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah text mining, dengan 2 (dua) algoritma yang digunakan untuk mengukur akurasi pada setiap sentimen yang ada. 2(dua) algoritma tersebut adalah algoritma support vector machine yang digunakan sebagai algoritma utama pada penelitian ini, dan algoritma naïve bayes yang digunakan untuk menjadi pembanding algoritma support vector machine. Klasifikasi sentimen tersebut dibagi menjadi 3 yaitu positif, netral, dan negatif. Pada penelitian ini menggunakan aplikasi R Studio yang digunakan untuk mengolah data menjadi data sentimen. Selain itu aplikasi lainnya yang digunakan adalah tableau yang digunakan untuk membuat sebuah dashboard yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai sentimen pengguna MRT terhadap pelayan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: analisis sentimen, naïve bayes, support vector machine, R, tableau, dashboard
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 17:32
Last Modified: 04 Dec 2020 17:32
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/14652

Actions (login required)

View Item View Item