Anggana, Arvin (2020) Analisis Sentimen Terhadap Pelayanan Mass Rapid Transit pada Aplikasi Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (689kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (287kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (183kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (718kB) |
Abstract
Oleh: Arvin Anggana Analisis sentimen merupakan pengolahan data tekstual yang berasal dari opini manusia, untuk mengungkapkan hal � hal yang menarik ataupun tidak menarik yang digunakan untuk mencari informasi didalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan opini masyarakat terhadap pelayanan transportasi MRT, seperti contohnya keamanan, kebersihan, dan pelayanan lainnya. Data yang diperoleh untuk penelitian ini berasal dari aplikasi Instagram dengan mengambil komentar setiap 500 post terakhir yang dilakukan oleh akun @mrtjkt dengan periode 30 Desember 2018 hingga 29 Februari 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah text mining, dengan 2 (dua) algoritma yang digunakan untuk mengukur akurasi pada setiap sentimen yang ada. 2(dua) algoritma tersebut adalah algoritma support vector machine yang digunakan sebagai algoritma utama pada penelitian ini, dan algoritma naïve bayes yang digunakan untuk menjadi pembanding algoritma support vector machine. Klasifikasi sentimen tersebut dibagi menjadi 3 yaitu positif, netral, dan negatif. Pada penelitian ini menggunakan aplikasi R Studio yang digunakan untuk mengolah data menjadi data sentimen. Selain itu aplikasi lainnya yang digunakan adalah tableau yang digunakan untuk membuat sebuah dashboard yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai sentimen pengguna MRT terhadap pelayan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | analisis sentimen, naïve bayes, support vector machine, R, tableau, dashboard |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 17:32 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14652 |
Actions (login required)
View Item |