Strategi Kampanye Peningkatan Kesadaran Atas Kekerasan Berbasis Gender Online (Studi Kasus Terhadap Pengembangan Strategi Kampanye Akun Instagram @Awaskbgo)

Alma Wijaya, Felycia (2021) Strategi Kampanye Peningkatan Kesadaran Atas Kekerasan Berbasis Gender Online (Studi Kasus Terhadap Pengembangan Strategi Kampanye Akun Instagram @Awaskbgo). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Kekerasan Berbasis Gender Online di Indonesia meningkat dalam berbagai bentuk dan dampak yang dihasilkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Rendahnya kesadaran masyarakat mengenai kejahatan baru ini menggerakkan SAFEnet, selaku organisasi non-profit yang mengadvokasi hak digital untuk memfokuskan perhatiannya pada KBGO yang diawali dengan pelaksanaan kampanye media sosial `AwasKBGO' pada 16HAKTP tahun 2019 lalu. Namun, kampanye ini dilanjutkan dengan pembuatan akun media sosial Instagram @awaskbgo yang dianalisis dalam penelitian ini menggunakan konsep social marketing campaign dan model kampanye Osteergard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye yang dijalankan oleh akun @awaskbgo secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tiga tahap strategi dari konsep social marketing campaign ini yaitu pembentukan kesadaran dan ketertarikan, pengubahan perilaku dan kondisi, serta motivasi audiens telah dijalankan oleh @awaskbgo, namun untuk tahap pemberdayaan audiens untuk melakukan perubahan dan penguatan masih belum dijalankan secara efektif. Selain itu, dalam model Osteergard, tiap tahap perancangan kampanye telah dilakukan oleh @awaskbgo, namun masih kurangnya evaluasi terhadap kampanye yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi Social Marketing Campaign, KBGO, SAFEnet, Model Kampanye
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:12
Last Modified: 24 Aug 2021 14:12
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/16765

Actions (login required)

View Item View Item