Analisis Pengaruh Perceived Risk, Perceived Trust, Perceived Cost, Self-Efficacy, Performance Expectancy, Effort Expectancy dan Social Influence terhadap Behavioral Intention: Telaah pada Pengguna Mobile Payment Sakuku

Lucano Ishamu, Nicholas (2022) Analisis Pengaruh Perceived Risk, Perceived Trust, Perceived Cost, Self-Efficacy, Performance Expectancy, Effort Expectancy dan Social Influence terhadap Behavioral Intention: Telaah pada Pengguna Mobile Payment Sakuku. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada zaman dengan tingkat penggunaan teknologi digital yang tinggi dimana memungkinkan bagi seseorang untuk menggunakan teknologi digital dalam membantu hampir seluruh aktivitasnya. pembayaran di era digital seperti sekarang mengusut pembayaran digital yang menggunakan e- wallet atau mobile payment sebagai metode untuk melakukan transaksi pembayaran, studi ini diharapkan dapat berkontribusi pada perkembangan mobile payment Sakuku sebagai salah satu produk e-wallet atau mobile payment yang berasal dari perusahaan perbankan terbesar di Indonesia yaitu BCA (Bank Central Asia). Namun mobile payment Sakuku mengalami penurunan secara bertahap dari sisi jumlah pengguna aktif e-wallet dan jumlah pengunduhan e-wallet di Indonesia dimana Sakuku berada di posisi ke Sembilan dibandingkan dengan mobile payment atau e-wallet dengan posisi teratas adalah Gopay, OVO, DANA dan LinkAja. Dengan perusahaan perbankan dengan popularitas yang tinggi di Indonesia yaitu BCA seharusnya Sakuku memiliki daya saing yang kuat namun kenyataan berbeda di pasar Indonesia, hal ini menjadi tantangan bagi mobile payment Sakuku dalam mengembangkan dan mempertahankan tingkat penggunaan dari layanan mobile payment Sakuku bagi pengguna di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi behavioral intention berupa continuance intention dalam penggunaan mobile payment Sakuku. Penelitian ini mendapatkan responden dari penyebaran kuesioner secara online dan diuji menggunakan metode regresi linear berganda, dimana survei memiliki hasil sebanyak 155 responden yang memenuhi syarat dan kriteria penelitian yang kemudian dianalisis dengan menggunakan software IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived risk, perceived cost, self-efficacy dan effort expectancy tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intention. Sedangkan perceived trust, performance expectancy dan social influence memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perceived Risk, Perceived Trust, Perceived Cost, Self-Efficacy, Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Behavioral Intention, Continuacne Intention, Mobile Payment, E-wallet. Analisis Pengaruh Perceived Risk..., Nicholas Lucano Ishamu, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 14:29
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20032

Actions (login required)

View Item View Item