UMN Knowledge Center

Analisis proses media relations pada kegiatan media (studi kasus media gathering #ifightcancer)

Tjokrosasmito, Johanna (2016) Analisis proses media relations pada kegiatan media (studi kasus media gathering #ifightcancer). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (752kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kanker payudara adalah jenis kanker tertinggi yang menyerang perempuan di Indonesia. Angka kematian akibat kanker payudara di negara berkembang termasuk Indonesia mencapai 30% dari jumlah penderita. Padahal, sebenarnya angka kematian dapat ditekan dengan adanya kesadaran yang lebih lanjut terhadap kanker payudara. Terdorong oleh hal ini, berbagai organisasi dan perusahaan melakukan kegiatan khusus di bulan Oktober yang diperingati sebagai bulan kesadaran akan kanker payudara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini. Parkway Cancer Centre adalah institusi spesialis kanker yang merupakan bagian dari kelompok rumah sakit Parkway Hospitals Singapore yang merupakan institusi kesehatan berlokasi di Singapura. Parkway Cancer Centre melakukan kegiatan promosi di Indonesia karena Indonesia adalah negara asing dengan tingkat pasien tertinggi bagi Parkway Cancer Centre. Kiat public relations terutama media relations dipilih Parkway Cancer Centre sebagai pendukung kegiatan promosi, karena adanya Peraturan Menteri Kesehatan No. 1787/MENKES PER/XII/2010 tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan yang membatasi Parkway Cancer Centre. Kampanye#IFightCancer diadakan oleh Parkway Cancer Centre di bulan Oktober 2015 terdiri dari kegiatan media gathering dan seminar kesehatan untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya kanker yang menyerang perempuan. Rangkaian kampanye ini merupakan bentuk marketing public relations yang dilakukan Parkway Cancer Centre sehubungan dengan batasannya dalam melakukan iklan dan publikasi. Penelitian membahas dan menganalisis proses media relations dari kegiatan media gathering #IFightCancer menggunakan konsep proses media relations dari Hayes, Hendrix dan Kumar yang membagi proses media relations menjadi tahap riset, objektif, pembuatan program, dan evaluasi. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan kegiatan media yang dilakukan Parkway Cancer Centre berhasil memenuhi objektif jumlah jurnalis dan total PR Value yang ditetapkan di awal. Kegiatan media gathering #IFightCancer mengunakan pesan kunci berupa fakta-fakta tentang penyakit kanker serviks dan kanker payudara. Kekurangan dari kegiatan media gathering #IFightCancer ada pada bagian evaluasi yang kurang dipaparkan dengan spesifik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.1 Media Relations
H Social Sciences > HM Sociology > HM481-554 Theory. Method. Relations to other subjects > HM482 Research Method > HM482-2 Case Study
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.3 Event Management > HD30.31 Special Event
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Jul 2017 02:28
Last Modified: 28 Sep 2017 04:41
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item