Perancangan tokoh dalam film animasi pendek 2d “danadipa”

Bedihardjo, Pujawati (2017) Perancangan tokoh dalam film animasi pendek 2d “danadipa”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Desain tokoh merupakan salah satu tahap penting yang harus dilakukan ketika akan membuat sebuah cerita yang bagus karena tokohlah yang akan membawakan cerita tersebut. Tugas akhir ini didasari oleh keinginan untuk membuat film animasi pendek mengenai salah satu sejarah kerajaan Indonesia yang akan menjadi lebih menarik untuk ditonton dengan merancang tokoh yang lebih ekspresif dan desain yang mendekati masanya. Penulis memilih untuk membawakan tema sejarah karena sedikitnya muda-mudi Indonesia yang menghargai kisah sejarah negara mereka sendiri. Dalam pembuatan tugas akhir ini penulis berperan sebagai character designer yang bertanggung jawab dalam proses perancangan tokoh utama protagonis dan antagonis yang berfokus pada desain pakaiannya. Dalam film animasi pendek 2D “Danadipa” ini mengisahkan tentang keinginan untuk membalas dendam dan perebutan tahta kerajaan antara Anusapati dan Tohjaya. Dikarenakan menggunakan dasar dari sejarah, penulis melakukan studi literatur, existing dan observasi dalam pengumpulan data. Hasil analisis menjadi acuan penulis untuk mendesain karakter Anusapati dan Tohjaya dalam “Danadipa” dan didapatkan bahwa tokoh Anusapati dan Tohjaya menggunakan pakaian bertaraf lengkap yang menandakan bahwa mereka adalah kaum bangsawan karena semakin lengkap pakaian mereka, makan semakin tinggi kasta mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 03 Apr 2018 08:02
Last Modified: 30 Jan 2023 05:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item