Rancang Bangun Chatbot untuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cikupa di Platform Line

Hapsari Diyah Sitoresmi, Mustikaning (2019) Rancang Bangun Chatbot untuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cikupa di Platform Line. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (864kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (835kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Kantor Pelayanan Pajak Pratama sudah menggunakan teknologi dalam penyampaian informasi mengenai pajak, seperti adanya situs portal resmi pelayanan pajak sebagai wadah penyampaian informasi tentang syarat, pengumuman serta kententuan terkait pajak bagi masyarakat umum. Di samping itu juga ada aplikasi online yang berada dibawah naungan Direktorat Jenderal Pajak yang berperan sebagai layanan yang berhubungan dengan pelaporan pajak secara online bagi khalayak umum. Akan tetapi, Kantor Pelayanan Pajak Pratama belum mempunyai layanan yang membantu pengguna dalam memperoleh informasi mengenai pajak, karena itu dibuatlah sebuah aplikasi chatbot yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar pajak. Chatbot ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor dan basis data menggunakan MySQL serta bahasa Artificial Intelligence Markup Language yang berisi kumpulan pola dan respon yang dapat digunakan oleh chatbot untuk penelusuran jawaban setiap kalimat. Metodologi pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode Rapid Application Development (RAD). Penelitian ini menghasilkan aplikasi chatbot yang bisa membantu user dengan menjawab pertanyaan seputar pajak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Artificial Intelligence Markup Language, Chatbot, Rapid Application Development
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 10:02
Last Modified: 03 Aug 2023 07:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item View Item