Rancang Bangun Game Space Explorer Menggunakan Perlin dan Ridged Multifractal Noise

Dharma Simanjaya, Vincent (2019) Rancang Bangun Game Space Explorer Menggunakan Perlin dan Ridged Multifractal Noise. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (797kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pada zaman ini industri yang berhubungan dengan teknologi dan hiburan sangatlah berkembang dengan pesat, salah satunya yaitu industri game. Dalam pembuatannya game membutuhkan banyak tenaga kerja, tetapi dengan menggunakan metode procedural content generation, developer dapat mengurangi tenaga kerja yang dibutuhkan. Dalam metode tersebut terdapat beberapa cara untuk mengimplementasikannya salah satunya adalah coherent noise. Terdapat beberapa jenis coherent noise yaitu perlin noise dan ridged-multifractal noise. Dalam penelitian ini, kedua noise tersebut digunakan untuk membangun planet, dimana game dimainkan. Selain penggunaan dari coherent noise terdapat juga metode faux gravity yang dikenal sebagai gravitational attraction dimana menjelaskan bahwa setiap obyek memiliki gaya gravitasi, metode ini digunakan untuk membuat player dan obyek-obyek yang dibuat dapat berada diatas planet. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu apakah perlin noise dan ridged-multifractal noise dapat digunakan untuk membangun planet, dan mencari tahu seberapa besar video game satisfaction dari pemain terhadap game. Penghitungan video game satisfaction dilakukan dengan menghitung data yang didapatkan dari kuesioner Game User Experience Satisfaction Scale. Setelah penghitungan GUESS selesai nilai video game satisfaction yang didapatkan sebesar 74,666% yang artinya puas. Dapat disimpulkan bahwa game space explorer berhasil dirancang dan dibangun menggunakan perlin dan ridged-multifractal noise dan video game satisfaction yang dirasakan pemain terhadap game dengan hasil puas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: coherent noise, game, GUESS, perlin noise, procedural content generation, ridged-multifractal noise
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:58
Last Modified: 22 Aug 2023 06:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item