Strategi Komunikasi Lingkungan #HentikanMinyakSawitKotor Greenpeace Indonesia di Media Sosial Instagram (@greenpeaceid)

Editha Riyandani, Lucia (2019) Strategi Komunikasi Lingkungan #HentikanMinyakSawitKotor Greenpeace Indonesia di Media Sosial Instagram (@greenpeaceid). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (937kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pada 10 Desember 2018, Wilmar International, pedagang minyak kelapa sawit terbesar dunia asal Singapura mempublikasikan rencana aksi terperinci untuk memetakan dan memantau semua pemasok kelapa sawit miliknya. Hal ini diyakini Greenpeace Indonesia merupakan hasil dari tekanan Greenpeace Indonesia dan masyarakat yang menandatangani petisi melalui kampanye #HentikanMinyakSawitKotor selama lima bulan di akun media sosial resmi mereka termasuk Instagram @greenpeaceid. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi komunikasi lingkungan yang dilakukan Greenpeace Indonesia melalui akun media sosialnya @greenpeaceid sehingga sukses mempengaruhi perusahaan Wilmar International. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan metode studi kasus. Strategi komunikasi lingkungan Greenpeace Indonesia di media sosial Instagram (@greenpeaceid) ini dianalisa menggunakan teori Komunikasi Lingkungan (Yenrizal, 2015) dan Social Media Marketing (Regina Luttrell, 2018). Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa narasumber dan data pendukung seperti foto dari kampanye tersebut. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan triangulasi data dengan mewawancarai narasumber dari pihak ahli komunikasi lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Lingkungan, Greenpeace Indonesia, #HentikanMinyakSawitKotor, Instagram
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:50
Last Modified: 17 Apr 2023 06:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10100

Actions (login required)

View Item View Item