Rancang Bangun Game Legend of Toturig Menggunakan Algoritma Binary Space Partitioning Berbasis Android

Pratama, Benyamin (2019) Rancang Bangun Game Legend of Toturig Menggunakan Algoritma Binary Space Partitioning Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Smartphone merupakan sebuah kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap orang untuk melakukan berbagai hal seperti komunikasi, bertukar informasi, mendengarkan lagu, bermain game, dan lain-lain. Dalam era saat ini, game disajikan dengan kualitas visualisasi yang cukup canggih karena didukung oleh teknologi yang memadai namun smartphone memiliki resource yang sangat terbatas sehingga game dibuat khusus untuk dapat dijalankan dengan smartphone. Bermain menggunakan smartphone memiliki keuntungan tersendiri seperti mobilitas yang tinggi. Game ber-genre RPG merupakan genre game yang cukup banyak peminatnya. Seiring dengan perkembangan kompleksitas dan scope game, pemain game menuntut semakin banyak konten. Konten merupakan sebagian besar apa yang terkandung di dalam game salah satunya arena permainan. Digunakan teknik procedural generation, yaitu otomatisasi pembuatan konten dengan algoritma. Algoritma yang digunakan yaitu algoritma Binary Space Partitioning, yang dapat digunakan untuk membuat arena permainan secara otomatis. Game Legend of Toturig dirancang dengan bantuan flowchart dan Game Design Document yang menjabarkan formal dan dramatic elements dari game. Game Legend of Toturig kemudian dibangun dengan game engine Unity3D dan bahasa pemrograman C#. Legend of Toturig dapat dimainkan pada platform Android. Proses penelitian dimulai dengan melakukan studi literatur, lalu perancangan, pembuatan, pengujian, penulisan laporan dan konsultasi dengan pembimbing disepanjang penelitian berlangsung. Setelah melakukan penelitian , dapat disimpulkan bahwa rancang bangun game Legend of Toturig menggunakan Binary Space Partitioning telah berhasil dilakukan. Evaluasi dari pengujian yang menggunakan HMSAM (Hedonic Motivation System Adoption Model) untuk mencari nilai Behavioral Intention to Use sebesar 80.7% dari nilai maksimal 100%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Behavioral Intention to Use ,Binary Space Partitioning, Game, HMSAM, Procedural Generation, RPG
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:32
Last Modified: 24 Aug 2023 07:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item