Pratiwi Dewi Gigih Putri, Monica (2019) Analisis Isi Political Branding Joko Widodo melalui Media Sosial Instagram @Jokowi (dalam Periode 17 Januari 2019-16 April 2019). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Jokowi adalah salah satu kandidat calon presiden Republik Indonesia dalam Pemilu 2019. Posisi Jokowi sebagai calon presiden pertahana tak membuat Jokowi berhenti untuk terus membangun political branding. Di tengah terpaan penggunaan teknologi yang kian canggih dan maraknya penggunaan media sosial Instagram menjadikan hal tersebut sebagai platform untuk membangun political branding Jokowi sekaligus sarana untuk mengkomunikasikan pesan kepada khalayak luas yang dikemas secara menarik melalui sebuah gambar atau foto. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara Jokowi membangun political branding melalui media sosial khusunya Instagram. Peneliti melakukan analisis data pada post Instagram berupa foto dan gambar ilustrasi dalam periode 17 Januari 2019-16 April 2019 dengan menggunakan metode penelitian analisis isi kuantitatif melalui unit analisis yang terdiri dari personalitas, penampilan, pesan kunci politik, personalisasi, visibilitas, privatisasi, analisis visual, karakter, dan kompetensi. Berdasarkan hasil analisis, political branding Jokowi adalah pemimpin yang cerdas dengan karakter kuat yang melekat dalam diri seperti interaktif dan determinatif. Jokowi menunjukkan etos kerja secara konsisten dan berusaha untuk melakukan pembenahan dengan berbagai solusi yang efektif. Selain itu, Jokowi memiliki sikap sederhana yang tercermin dari cara berpenampilan sehari-hari, perilaku di mana Jokowi terlibat langsung untuk menyapa dan menjalin relasi dengan masyarakat Indonesia. Jokowi juga menunjukkan sebagai sosok pemimpin yang optimis dan lekat dengan budaya mengapresiasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Jokowi, political banding, Instagram |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 09:31 |
Last Modified: | 02 May 2023 01:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10138 |
Actions (login required)
View Item |