Analisa Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Aplikasi Tinder : Telaah pada Faktor Personal Attributes dan Belief

Ferdina Rengka, Helena (2019) Analisa Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Aplikasi Tinder : Telaah pada Faktor Personal Attributes dan Belief. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (791kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Memasuki era digital yang semakin maju, dengan meningkatnya pengguna Internet memberikan dampak yang serupa yaitu munculnya beragam aplikasi dan media sosial. Aplikasi dan Media sosial pada zaman sekarang ini ternyata tidak hanya di gunakan untuk menjalin hubungan pertemanan di dunia maya, tetapi juga untuk berbagi ilmu pengetahuan dan informasi, bahkan digunakan untuk mencari pasangan hidup melalui jejaring internet. Kencan secara online lewat jejaring internet semakin diminati generasi saat ini. Terlebih setelah ditemukan riset fakta bahwa generasi masa kini dapat menghabiskan 10 jam waktunya dalam seminggu hanya untuk aplikasi kencan. Mengingat rata-rata waktu pekerja Indonesia yang bekerja 8-9 jam sehari dan terkadang banyak masyarakat bekerja sampai lembur larut malam untuk menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini menjadi alasan aplikasi kencan online menawarkan kepraktisan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Kepraktisan adalah salah satu alasan mengapa masyarakat berminat untuk mengunduh serta memakai aplikasi tersebut. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh Aplikasi Kencan Online Tinder, untuk semakin mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Untuk itu penelitian ini diajukan untuk mengtahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan aplikasi Tinder : Telaah pada faktor Personal attributes dan Belief. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 9 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden, dengan screening orang yang sudah mengetahui aplikasi kencan online Tinder, belum pernah menggunakan atau mendownload aplikasi Tinder. Hasil analisis menunjukkan bahwa Trust berpengaruh positif terhadap Attitude Toward using dating apps for romance dan Self-Efficacy, Trust tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Perceived Norm, Sensation Seeking berpengaruh positif terhadap Attitude Toward Using dating apps for romance, Sensation Seeking tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Perceived Norm dan Self-Efficacy, Attitude Toward using dating apps for romance berpengaruh positif terhadap Intention to Use, Perceived Norm berpengaruh positif terhadap Intention to Use, Self-Efficacy berpengaruh positif terhadap Intention to Use. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 9 hipotesis yang diajukan penelitian ini, tiga dari sembilan hipotesis yang diajukan tidak sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bahwa Aplikasi Kencan Online Tinder dapat lebih mengembangkan faktor Trust, Sensation Seeking, Attitude Toward using dating apps for romance, Perceived Norm, dan Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Dating Application, Trust, Sensation Seeking, Attitude Toward using dating apps for romance, Perceived Norm, Self-Efficacy, Intention to Use
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
200 Religion > 210 Philosophy and theory of religion > 212 Existence, ways of knowing God, attributes of God
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:28
Last Modified: 22 Jun 2023 02:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item