Rintis Asawiguna, Jovian (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Attitude toward Subscription-Based Online Services serta Implikasinya terhadap Intention to Subscription SayurBox. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pola hidup sehat dapat menjadi pilihan yang tepat dalam menjalani kehidupan. Salah satu cara mendukungnya adalah dengan makan buah organik yang memberikan lebih banyak manfaat. Masyarkat juga pada saat ini membutuhkan produk yang unik dalam memenuhi kebutuhan dan mencari perbedaan dalam mencari produk. Hal ini dimanfaatkan oleh surprise fruit subscription pada SayurBox sebagai langganan buah organik dengan surprise box yang menjadi keunggulannya. Cara ini terbilang baru dan unik karena biasanya digunakan untuk kosmetik atau seni. Untuk itu peneliti ini diajukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi attitude toward subscription-based online services serta implikasinya terhadap intention to subscription SayurBox Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 7 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sample dalam penelitian ini berjumlah 175 responden, dengan screening orang yang mengetahui aplikasi Sayurbox dan orang yang mengetahui surprise fruit subscription. Hasil analisis menunjukkan bahwa utilitarian value berpengaruh positif terhadap attitude toward, hedonic value berpengaruh positif terhadap attitude toward, consumer innovativeness berpengaruh positif terhadap attitude toward, desire for unique products berpengaruh positif terhadap attitude toward, online transaction berpengaruh positif terhadap attitude toward, attitude toward berpengaruh positif terhadap intention to use dan subjective norm berpengaruh positif terhadap intention to use. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 7 hipotesis yang diajukan penelitian ini, semua hipotesis sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan bahwa surprise fruit subscription pada SayurBox dapat lebih mengembangkan utilitarian value, hedonic value, consumer innovativeness, desire for unique products, online transaction self-efficacy, attitude toward, dan subjective norm.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Subscription Based-Online Service, Utilitarian Value, Hedonic Value, Consumer Innovativenes, Desire for Unique Products, Online Transaction Self-Efficacy, Attitude Toward, Subjective Norm, Intention to Use |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 02:50 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 06:22 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10185 |
Actions (login required)
View Item |