Representasi Kekerasan Simbolik terhadap Perempuan dalam Iklan Televisi Djarum 76

Prayudha, Julian Rizki (2019) Representasi Kekerasan Simbolik terhadap Perempuan dalam Iklan Televisi Djarum 76. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (981kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha melihat menemukan representasi kekerasan simbolik terhadap perempuan dalam kumpulan iklan Djarum 76. Penelitian ini memfokuskan perhatian kepada tanda – tanda serta simbol yang muncul dalam iklan Djarum 76. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kekerasan simbolik terhadap perempuan direpresentasikan melalui iklan Djarum 76. Penelitian ini mencoba mengeluarkan makna-makna semiotika yang ada dalam iklan Djarum 76 dan memperlihatkan tanda – tanda yang dapat merepresentasikan kekerasan simbolik terhadap perempuan yang terdapat dalam iklan tersebut. Penelitian ini termasuk ke dalam paradigma penelitian konstruktivisme. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif yang datanya diolah dan ditafsirkan menggunakan representasi. Metode penelitian penelitian ini menggunakan metode penelitian semiotika, dan menggunakan teknik analisis semiotika yang dimiliki oleh Roland Barthes. Analisis semiotika pada iklan ini menemukan representasi kekerasan simbolik terhadap perempuan yaitu : (1) Representasi iklan menunjukkan kekerasan simbolik pada perempuan dengan menggambarkan perempuan dalam masyarakat selalu memiliki kedudukan yang lebih rendah dibandingkan laki – laki. (2) Representasi iklan menunjukkan kekerasan simbolik pada perempuan dengan menggambarkan kemampuan perempuan untuk berkontribusi bagi masyarakat adalah sebagai pelayan untuk laki – laki. (3) Representasi iklan menunjukkan kekerasan simbolik pada perempuan dengan menggambarkan perempuan yang dikonstruksi secara negatif, bahwa perempuan merupakan sebuah objek, hadiah yang keberadaannya tidak signifikan dalam suatu situasi. (4) Representasi iklan menunjukkan kekerasan simbolik pada perempuan dengan menggambarkan perempuan sebagai manusia yang lemah, malas, matre dan tidak mandiri. Dimana keberadaan perempuan hanya sebagai pemanis situasi tanpa peran apapun untuk menyelesaikan suatu masalah yang terjadi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Semiotika, Representasi, Iklan, Kekerasan simbolik, Roland Barthes
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:48
Last Modified: 02 May 2023 01:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item View Item