Perbandingan Kepuasan antara Generasi X dan Generasi Y di DKI Jakarta dalam Menonton Program Talk Show "Mata Najwa" TRANS7

Cornelia Hienarta, Cindy (2019) Perbandingan Kepuasan antara Generasi X dan Generasi Y di DKI Jakarta dalam Menonton Program Talk Show "Mata Najwa" TRANS7. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Kompetisi antar program televisi selalu terjadi dalam memperebutkan perhatian khalayak, baik pada tayangan media utamanya, yaitu televisi maupun tayangan melalui situs dan media sosial resmi masing-masing. Kepuasan khalayak dalam memenuhi kebutuhannya dari suatu media menjadi elemen penting yang harus dipenuhi oleh media untuk mempertahankan loyalitas khalayaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kepuasan pada generasi X dan Y dalam menonton program talk show "Mata Najwa" TRANS7. Untuk kemudian dibandingkan dan mengetahui apakah terdapat perbedaan kepuasan dalam menonton program tersebut di antara kedua generasi. Dalam mengukur kepuasan, penelitian ini menggunakan konsep Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) dari Phillip Palmgreen, model penghitungan dari Lawrence A. Wenner, serta dimensi dari Denis McQuail, yaitu Informasi, Identitas Pribadi, Integritas dan Interaksi Sosial, dan Hiburan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Untuk memperoleh data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Kuesioner disebar kepada 200 responden yang terdiri dari 100 responden generasi X dan 100 generasi Y dengan kriteria pernah menonton program talk show "Mata Najwa" TRANS7 dan merupakan penduduk di provinsi DKI Jakarta dengan menggunakan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Hasil analisis dengan menggunakan paired samples t test pada tiap generasi ini menunjukan, terdapat kepuasan dalam menonton program talk show "Mata Najwa" TRANS7 oleh generasi X senilai -1.78000 (GS < GO) dan generasi Y senilai -2.04000 (GS < GO). Kemudian hasil analisis perbandingan kepuasan kedua generasi tersebut menggunakan uji beda summary independent samples test menunjukan, perbedaannya hanya senilai 0.250 dengan signifikansi senilai 0,763 (Sig. > 0,05). Maka, H0 diterima. Artinya, tidak terdapat perbedaan kepuasan antara generasi X dan generasi Y di DKI Jakarta dalam menonton program talk show "Mata Najwa" TRANS7.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: uses and gratification, discrepancy gratification, kepuasan khalayak, generasi X, generasi y
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:54
Last Modified: 17 Apr 2023 03:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item