Pranata, Nadia (2019) Pengaruh Country of Origin Image terhadap Perceived Quality dan Dampaknya pada Purchase Intention Wuling Almaz (Studi pada Komunitas SUV Brotherhood). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan citra negara asal China yang dapat memengaruhi persepsi kualitas produk dan berdampak pada minat beli produk Wuling Almaz. Sebelum Wuling Motors hadir di Indonesia, telah ada dua merek mobil asal China, Geely dan Chery yang beredar di Indonesia. Namun kehadiran dari kedua merek tersebut tidak berhasil mengubah persepsi kualitas produk asal China yang buruk di benak konsumen, khususnya konsumen Indonesia. Masyarakat menilai bahwa produk, khususnya mobil buatan China memiliki kualitas yang rendah dan bahkan cenderung buruk. Akhibatnya, minat beli terhadap produk mobil buatan China pun buruk, produk tidak laku terjual di pasar Indonesia, dan akhirnya kedua merek tersebut tidak pernah terdengar lagi sampai saat ini. Penelitian ini mengambil Wuling Almaz sebagai objek penelitiannya. Wuling Motors merupakan salah satu merek otomotif yang berasal dari China dan mulai bersaing dengan merek-merek otomotif lainnya di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 152 orang anggota grup WhatsApp SUV Brotherhood dan yang akan dijadikan sampel sebanyak 111 orang. Hasil dari penelitian ini adalah country of origin image memengaruhi perceived quality secara langsung sebesar 4.2%, perceived quality memengaruhi purchase intention secara langsung sebesar 21.8%, dan country of origin image tidak memengaruhi purchase intention secara langsung, melainkan melalui perceived quality.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Country of origin image, perceived quality, purchase intention, consumer behavior, Wuling Motors |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.4013 Control and Quality Management |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:59 |
Last Modified: | 29 Apr 2023 03:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10341 |
Actions (login required)
View Item |