David, Yulius (2019) Implementasi Penggunaan Firebase pada Pembuatan Multiplayer Games Gomoku Berbasis Realtime. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pada penelitian ini, penggunaan dari Firebase akan diimplementasikan untuk membuat sebuah game board multiplayer sederhana yang bernama Gomoku yang akan bersifat realtime, yaitu sesuai dengan waktu dunia nyata sehingga kedua pemain dapat berinteraksi secara langsung. Gomoku, atau yang biasa disebut Gobang atau juga Five in a Row, merupakan game strategi papan sederhana yang bersifat abstrak. Dimainkan oleh 2 pemain, hitam (jalan duluan) dan putih. Pemenang dari game ini adalah siapakah pemain yang berhasil membuat 5 pion warnanya berturut-turut dengan metode bisa horizontal, vertikal, maupun diagonal. Implementasi ini dimaksudkan untuk membuat game Gomoku yang berbeda dengan yang telah rilis di PlayStore, yaitu penambahan fitur online multiplayer dan juga fitur chatting.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Mobile Application, Firebase, Multiplayer Games Realtime, Android Studio, Gomoku |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 796 Athletic (Gymnastics, Weight Lifting) and Outdoor Sports and Games |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 07:24 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10420 |
Actions (login required)
View Item |