Strategi Public Relations dalam Merespon Isu Pencemaran Lingkungan Demi Mempertahankan Citra Perusahaan (Studi kasus #BijakBerplastik Danone-AQUA)

Megan, Deborah (2019) Strategi Public Relations dalam Merespon Isu Pencemaran Lingkungan Demi Mempertahankan Citra Perusahaan (Studi kasus #BijakBerplastik Danone-AQUA). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (932kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (911kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari isu pencemaran lingkungan yang pada saat penelitian ini dijalankan sedang marak diperbincangkan. Isu pencemaran lingkungan yang paling marak adalah mengenai polusi sampah plastik yang sudah mencemari lautan dunia. Hal ini membuat masyrakat dunia tergerak untuk mulai mengurangi penggunaan plastik, tetapi masih sedikit perusahaan yang mendukung gerakan masyarakat ini. Di Indonesia, Danone-AQUA adalah salah satu perusahaan yang mulai bergabung dengan gerakkan dan komitmen untuk mengurangi sampah plastik. Pada tahun 2018, Danone-AQUA menyatakan komitmen mereka untuk #BijakBerplastik. Penelitian ini menggunakan teori Strategi Public Relations milik Cutlip dan Center dalam memahami Social Marketing yang dilakukan oleh Danone-AQUA dalam mempertahankan citra positif perusahaan mereka sebagai perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pioner di Indonesia. Penelitian ini memakai metode penelitian studi kasus, dengan paradigma post-positivistik, pendekatan kualitatif dan dengan sifat deskriptif. Pengumpulan data didapat dengan melakukan wawancara mendalam dan studi kepustakaaan sebagai teknik pengumpulan data. Narasumber peneltian ini terdapat lima orang, yang merupakan perwakilan dari pihak seorang Danone-AQUA, dua orang Konsultan komunikasi Public Relations, seorang target publik, dan seorang ahli komunikasi. Adapun, hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa Strategi Public Relations dengan bentuk Social Marketing yang diterapkan menjadi #BijakBerplastik Danone- AQUA berhasil mempertahankan citra perusahaannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Citra Perusahaan, Strategi Public Relations, Social Marketing
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:15
Last Modified: 28 Apr 2023 01:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10440

Actions (login required)

View Item View Item