Analisis Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influences, Faciliting Conditions, Perceived Value, Perceived Risk, Perceived Trust, dan Promotional Benefits terhadap Behavioral Intentions: Telaah pada Calon Pengguna Aplikasi DANA.

Putra, Joshua (2019) Analisis Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influences, Faciliting Conditions, Perceived Value, Perceived Risk, Perceived Trust, dan Promotional Benefits terhadap Behavioral Intentions: Telaah pada Calon Pengguna Aplikasi DANA. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (974kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Ditengah perkembangan teknologi yang begitu pesat ini. Jumlah pengguna internet dan smartphone pun semakin meningkat tiap tahunya. Bertambah jumlahnya pengguna internet dan smartphone, maka semakin banyak aplikasi berbasis smartphone. Salah satu aplikasi yang muncul adalah aplikasi pembayaran atau yang biasa kita sebut sebagai mobile payment. Banyak aplikasi mobile payment bermunculan di Indonesia. Salah satunya adalah aplikasi DANA. Aplikasi DANA merupakan sebuah aplikasi teknologi financial. Dengan menggunakan aplikasi ini, penggunanya dapat melakukan transaksi pembayaran dengan cepat dan mudah tanpa menggunakan uang tunai. Melalui aplikasi DANA, Pengguna dapat merasakan keuntungan cukup signifikan bagi kehidupan manusia. Namun, aplikasi DANA bukan merupakan satu-satunya aplikasi mobile payment di Indonesia. Selain itu, jika dilihat dari sisi kompetitor yang sudah merajai ranah mobile payment akan sulit bagi DANA untuk bersaing dengan kompetitornya. Selain itu, jika dilihat dari sisi penetrasi smartphone dengan adoption rate dari mobile payment yang masih kecil juga menjadi tantangan tersendiri bagi aplikasi DANA untuk merajai pangsa pasar mobile payment di Indonesia. Maka itu, peneliti merasa tertarik untuk mengangkat aplikasi DANA sebagai bahasan dari penelitian. Peneliti tertarik untuk meniliti aplikasi DANA dari sudut calon pengguna aplikasi DANA sehingga aplikasi DANA dapat bersaing dengan kompetitornya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 170 responden. Setelah mendapatkan data dari kuesioner responden, data akan dianalisis menggunakan Linear Multiregresion. Dari hasil penelitian ini, variabel performance expectancy(PE), effort expectancy(EE), social influence(SI), perceived value(PV), dan promotional benefits(PB) memiliki pengaruh positif terhadap behavioural intention(BI). Perceived risk(PR) memiliki pengaruh negatif terhadap behavioural intention(BI). Sedangkan variabel facilitating conditions(FC) dan perceived trust(PT) tidak berpengaruh positif terhadap behavioral intentions(BI).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: mobile payment, unified theory of acceptance and use of technology, performance expectancy(PE), effort expectancy(EE), social influence(SI), perceived value(PV), perceived risk(PR), promotional benefits(PB), facilitating conditions(FC), perceived trust(PT), behavioral intentions(BI)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.82 Sales Promotion
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:07
Last Modified: 28 Jun 2023 05:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item