Soegiarto, Linda (2019) Pengaruh Konten Media Sosial terhadap Engagement Pemilih Pemula (Survey Partisipasi Pemilih Pemula Pilpres 2019 pada Akun Instagram @jokowi.amin. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pemahaman dan penyampaian akan komunikasi politik pada kaum milenial masih kurang dalam hal keinginan untuk berpartisipasi. Engagement pemilih pemula dalam pilpres 2019 sangatlah bermanfaat oleh calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1. Penyampaian informasi melalui konten media sosial yang sesuai dengan social operating system akan sangat memperngaruhi engagement pemilih pemula dalam melihat, menelaah, menentukan informasi serta pilihan mereka terkait informasi seputar pilpres 2019 yang sesuai dengan penjabaran akan penerapan social judgement theory dari masing-masing responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar pengaruh konten media sosial terhadap engagement pemilih pemula. Penelitian ini bersifat eksplanatif yang menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive. Peneliti menyebarkan sebanyak 401 kuesioner kepada followers instagram @jokowi.amin yang masih menjadi pemilih pemula pada pilpres 2019 yaitu para pelajar atau mahasiswa yang masih berumur 17-22 tahun. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS untuk pengujian hasil data. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa konten media sosial mempunyai pengaruh yang kecil terhadap engagement pemilih pemula sebesar 2,3% dengan nilai signifikansi 0.02 yang lebih kecil dari 0.05 (0.02<0.05).
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | konten media sosial, engagement, instagram, social judgement theory, social operating system, komunikasi politik, media sosial |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 06:53 |
Last Modified: | 10 May 2023 08:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10486 |
Actions (login required)
View Item |