Elvina, Fidela (2019) Dampak Implementasi Corporate Social Responsibility Sinar Mas Land `Program Sentra Kriya di Rumah Pintar BSD City? dalam Membangun Reputasi Perusahaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Tujuan utama operasional perusahaan adalah mencari keuntungan. Namun, tujuan perusahaan yang lebih penting adalah menyatu dengan masyarakat sekitar untuk mendapatkan legitimasi masyarakat. Oleh karena itu, perusahaan perlu melaksanakan tanggung jawab sosial. Sinar Mas Land merupakan perusahaan properti yang menjalankan tanggung jawab sosial. Salah satu tanggung jawab sosial yang diwujudkan Sinar Mas Land dalam bentuk community development adalah program Sentra Kriya di Rumah Pintar BSD City. Fokus dari penelitian ini adalah mengetahui dampak dari implementasi tanggung jawab sosial Sinar Mas Land "Program Sentra Kriya di Rumah Pintar BSD City" yang dianalisis menggunakan konsep 5 tahap Strategi Pelaksanaan CSR menurut Coombs & Holladay (2012), dan untuk melihat dampak reputasi menggunakan konsep Komunikasi CSR menurut Smith (2002) dalam Rusdianto (2013). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Program Sentra Kriya di Rumah Pintar BSD City diterapkan dan memberikan dampak bagi reputasi Sinar Mas Land. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dan Focus Group Discussion, serta observasi aktivitas program Sentra Kriya di Rumah Pintar BSD City. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR Sentra Kriya memberikan dampak positif bagi reputasi Sinar Mas Land di mata anggota Sentra Kriya. Adanya kesesuaian antara reputasi yang diharapkan Sinar Mas Land dan pemahaman yang terbentuk di benak anggota Sentra Kriya mengenai Sinar Mas Land, yakni sebagai perusahaan yang peduli dan memberdayakan masyarakat. Pemahaman tersebut merupakan bentuk tercapainya reputasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | CSR, Sinar Mas Land, Sentra Kriya, pemberdayaan masyarakat, reputasi perusahaan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 06:40 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 07:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10516 |
Actions (login required)
View Item |