Suryaatmadja, Jean Patricia (2016) Analisa Tanda Visual Iklan Televisi Nestle Bear Brand. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai tanda visual pada iklan televisi produk Nestle Bear Brand, melalui tanda visual yang ada pada iklan yaitu karakter naga, monster, setting, dan cerita. Skripsi ini menggunakan analisis semiotika, metode yang digunakan adalah denotasi, konotasi, dan mitos yang merupakan teori semiotika Ronald Barthers. Pengunaan semiotika ini dikarenakan teori semiotika Ronald Barthes dapat menganalisis dengan baik tanda visual pada iklan yang lebih banyak mendekati teori mitos dan ideologi. Penulis memilih membahas iklan televisi Bear Brand karena iklan ini memiliki visual identity yang disunity antara desain yang ada. Selain itu penggunaan tanda visual yang ada pada iklan tidak terlihat memiliki keterkaitan satu sama lain, sehingga jika dilihat secara visual iklan tersebut memiliki visual yang cukup beragam dan terlihat disunity. Kesimpulan dari skripsi ini adalah bahwa penggunaan tanda visual pada iklan televisi Bear Brand versi 2013 memiliki makna tersendiri yang memetaforakan pesan yang ingin disampaikan. Pengunaan disunity bukanlah merupakan kegagalan visual namun disengaja karna untuk penyampaian pesan pada iklan, akan tetapi dari hasil analisis yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa tanda visual pada ikna ini berhasil mewakili pesan-pesan yang ingin disampaikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 02:20 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1064 |
Actions (login required)
View Item |