Faktor-faktor yang mempengaruhi attitude to use electronic wallet dan implikasinya terhadap behavioral intention telaah pada pengguna shoppeepay

Angela, Angela (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi attitude to use electronic wallet dan implikasinya terhadap behavioral intention telaah pada pengguna shoppeepay. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (701kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Shopee merupakan salah satu e-commerce yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang mulai beralih kepada belanja online. Hal ini didukung dengan perkembangan teknologi dan internet yang semakin canggih dan pesat membuat banyak para pelaku usaha yang memulai dan memperluaskan bisnisnya ke era digital, yaitu melalui online. Semakin banyaknya layanan e-commerce di Indonesia membuat Shopee juga ikut mengembangkan usahanya dengan cara meluncurkan electronic wallet-nya sendiri yang dinamai `ShopeePay'. ShopeePay diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna Shopee yang ingin berbelanja dalam e-commerce Shopee akan tetapi tidak memiliki rekening bank. Melalui ShopeePay, pengguna dapat mempercepat proses transaksi belanja sehingga mereka tidak perlu repot atau meluangkan waktunya untuk pergi ke ATM terdekat atau ke minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai electronic wallet yang diluncurkan oleh Shopee yaitu ShopeePay sehingga dompet elektronik ini dapat terus memberikan benefit dan usefulness bagi penggunanya agar ShopeePay dapat juga digunakan diluar platform Shopee untuk kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Behavioral Intention pengguna dompet elektronik ShopeePay untuk tetap menggunakan ShopeePay dalam melakukan transaksi pembelian pada e- commerce Shopee dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) bersamaan dengan Perceived Benefit dan Perceived Risks (Perceived Performance Risk, Perceived Financial Risk, dan Perceived Security Risk). Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi behavioral intention pengguna ShopeePay, dengan menggunakan faktor Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease Of Use (PEU), Perceived Benefit (PB), Perceived Performance Risk (PPR), Perceived Financial Risk (PFR), Perceived Security Risk (PSR), dan Attitude To Use Electronic Wallet (ATT) dengan melibatkan 170 responden dengan menggunakan screening berupa pemilik akun Shopee yang sudah pernah memakai dompet elektronik ShopeePay sebanyak 1 kali transaksi pada e-commerce ShopeePay. Dari hasil penelitian ini, menunjukan bahwa adanya hubungan positif antara Perceived Usefulness (PU), Perceived Benefit (PB), Perceived Performance Risk (PPR), Perceived Financial Risk (PFR), Perceived Security Risk (PSR) terhadap Attitude To Use Electronic Wallet (ATT), dan Attitude To Use Electronic Wallet (ATT) terhadap Behavioral Intention (BI).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Benefit, Perceived Performance Risk, Perceived Financial Risk, Perceived Security Risk, Attitude To Use Electronic Wallet, Behavioral Intention
Subjects: 200 Religion > 260 Social and ecclesiastical theology > 261 Social theology and interreligious relations and attitudes
300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.01 Factors of Production
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:37
Last Modified: 02 Jun 2023 03:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10948

Actions (login required)

View Item View Item