Wibowo, Bagus (2019) Persepsi Mahasiswa terhadap Infografik Tirto.Id : Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kemajuan teknologi di-era internet semakin pesat, apalagi pada sektor media sosial dan perkembangan dalam bidang jurnalisme dan juga komunikasi. Dalam hal ini, banyak media yang berlomba-lomba untuk mengeluarkan inovasi terbaru untuk meraup minat para pembacanya. Salah satunya adalah media baru yaitu Tirto.id dengan terobosan infografiknya yang banyak beredar di media sosial seperti Instagram atau pun Twitter. Infografik menjelma menjadi model berita yang menarik banyak pembaca untuk mencari berita karena terkenal dengan ringkasannya dan langsung menjorok kepada inti topik permasalahannya. Dikalangan mahasiswa, infografik terkenal dengan model pemberitaannya yang sangat simple karena hanya dengan satu halaman yang berisi gambar dan inti atau rangkuman berita tersebut, pembaca sudah bisa mendapatkan inti dari berita tersebut. Oleh karena itu penelitian ini ingin mengetahui persepsi mahasiswa terhadap infografik dari Tirto.id sebagai penyedia berita melalui model infografik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Untuk menemukan hasil penelitian, peneliti menggunakan metode studi kasus dengan tipe instrumental case study. Teknik pengumpulan data pun menggunakan teknik wawancara dengan lima mahasiswa sebagai narasumber dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa lebih memilih infografik untuk mendapatkan sebuah berita ketimbang harus membaca berita dalam bentuk text yang panjang karena memakan waktu yang lebih lama untuk membaca dan memahami sebuah berita. Infografik juga digunakan sebagai trigger untuk mendapatkan berita, walaupun setelah itu mahasiswa tetap akan mencari berita text untuk mendapatkan detil berita tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Tirto.id, infografik, persepsi, instrumental case study |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, and physiological drives |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:27 |
Last Modified: | 13 May 2023 03:22 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10972 |
Actions (login required)
View Item |