Motif dan Tingkat Kepuasan Pembaca terhadap Isi Pemberitaan Situs Vice Indonesia (Survei terhadap Pembaca Situs Vice Indonesia dengan Responden Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Jakarta dan Universitas Multimedia Nusantara)

Gilang Ramadhan, Randu (2019) Motif dan Tingkat Kepuasan Pembaca terhadap Isi Pemberitaan Situs Vice Indonesia (Survei terhadap Pembaca Situs Vice Indonesia dengan Responden Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Jakarta dan Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (984kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Jurnalisme online saat ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan jurnalisme konvensional seperti cetak, radio, televisi. Dalam jurnalisme online penyajian berita bisa menampilkan teks, suara, gambar, dan video sekaligus. Saat ini portal media online berlomba-lomba untuk menyampaikan berita terbaru. Menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) penggunaan internet untuk membaca artikel sebanyak 55,30% dari 143,26 juta jiwa di Indonesia. Hal ini menyebabkan media Vice tertarik untuk mengembangkan perusahaannya ke Indonesia. Dimana Indonesia merupakan negara ekspansinya yang pertama di Asia Tenggara.Peneliti ingin mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pembaca terhadap isi pemberitaan situs Vice Indonesia. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori uses and gratification yang mengajukan gagasan bahwa perbedaan individu menyebabkan audiens mencari, mengunakan, dan memberikan tanggapan terhadap isi media secara berbeda-beda. Dari perhitungan mean menunjukkan nilai rata-rata variabel motif yaitu 3.764 sedangkan variabel kepuasan 3.759, dengan kata lain Vice Indonesia belum dapat memuaskan pembaca secara keseluruhan dari motif membaca. Namun, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motif membaca terhadap tingkat kepuasan pembaca situs Vice Indonesia sebesar 0,732. Kekuatan hubungan antara kedua variabel tersebut dikategorikan kuat dan positif

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media online, Vice Indonesia, Uses and Gratification
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:25
Last Modified: 26 Apr 2023 03:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10977

Actions (login required)

View Item View Item