Max, Ronald (2019) Rancang Bangun Game Turn-Based Strategy Menggunakan Algoritma A* untuk Pergerakan Non Playable Character. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game turn-based strategy menggunakan algoritma A* untuk pergerakan non playable character. Permainan dengan genre turn-based strategy dapat dimainkan oleh hanya satu pemain saja dengan lawan yang diperankan oleh non playable character. Untuk memberikan tantangan bagi player dibutuhkan sebuah kecerdasan buatan. Salah satu algoritma yang banyak digunakan sebagai kecerdasan buatan pada game dengan genre strategy adalah pathfinding A*. A* berfungsi untuk mencari jalur terpendek dari suatu posisi menuju posisi yang diinginkan. Kejar Benteng adalah game turn-based strategy yang menggunakan A* pathfinding sebagai kecerdasan buatan pada non playable character. Kejar benteng mempunyai objective yaitu menangkap benteng musuh sebelum benteng player ditangkap oleh musuh. Setelah game dibuat, game diuji dan dievaluasi. Hasil dari evaluasi game adalah game berhasil dirancang dan dibangun dengan tingkat kepuasan bermain sebesar 81.45%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | A*, Non playable Character, Turn-Based Strategy |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++ |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 03:16 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11002 |
Actions (login required)
View Item |