Angkawijaya, Andre (2019) Kredibilitas Berita Media Online Tribunnews.com dan Detik.com Berdasarkan Penilaian Khalayak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini didasari oleh munculnya kasus tentang kurangnya kredibilitas pada berita di media online, sehingga membuat khalayak keliru dalam memahami suatu informasi. Hal ini terjadi karena khalayak membutuhkan kecepatan dalam pemberitaan di media online, sehingga para jurnalis berasumsi jika kecepatan berita merupakan hal yang penting. Namun karena mereka mengutamakan kecepatan dalam penulisan berita, maka seringkali mengorbankan akurasi berita itu sendiri sehingga kredibilitas berita menjadi terabaikan. Kredibilitas berita media online sangat penting bagi khalayak untuk dapat memperoleh informasi yang akurat dan juga bagi pemilik media untuk dapat menjaga kepercayaan masyarakat untuk terus menggunakan media tersebut. Melalui teori kredibilitas dari Eric P. Bucy, media akan lebih mudah memberikan informasi dengan lengkap, jelas, dan dapat dipercaya khalayak apabila berita dari media tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi. Dalam penelitian ini, khalayak di DKI Jakarta menilai seberapa besar tingkat kredibilitas antara Tribunnews.com dan Detik.com. Penilaian tersebut dilakukan dengan menggunakan lima dimensi dari Eric P. Bucy, yaitu Fair, Accurate, Believable, Informative, dan In-Depth. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Peneliti menyebarkan kuesioner secara online kepada 400 responden sebagai sampel di DKI Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua media tersebut memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi dengan total skor dari Detik.com sebesar 78.68% dan total skor dari Tribunnews.com sebesar 75.64%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | kredibilitas, berita, media online, Tribunnews.com, Detik.com, DKI Jakarta |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 01:55 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 05:52 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11202 |
Actions (login required)
View Item |