Kebijakan Redaksional Media Online Suara.com dalam Pendistribusian Berita melalui Media Sosial

Soesanto, Rosalina (2019) Kebijakan Redaksional Media Online Suara.com dalam Pendistribusian Berita melalui Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Mayoritas masyarakat mengakses internet untuk menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk berkomunikasi maupun menerima informasi. Berkembangnya media sosial sebagai medium untuk mencari informasi turut digunakan oleh media massa untuk mendistribusikan konten berita, khususnya media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan redaksional dalam kegiatan distribusi berita yang berjalan di media online Suara.com. Peneliti menganalisis kebijakan distribusi berita menggunakan fungsi-fungsi manajemen yang dipaparkan oleh George R. Terry: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa media online Suara.com menggunakan tiga distribution channel untuk mendistribusikan konten beritanya, yaitu: mesin pencari, media aggregator, dan media sosial. Kebijakan redaksional mengenai kegiatan distribusi berita di media online Suara.com didasari pada minat audiens, sehingga nilai penting dan menarik dari sebuah berita menjadi unsur utama dari berita-berita yang dihasilkan dan disebarkan oleh Suara.com. Media sosial, khususnya Facebook, berperan penting dalam pendistribusian berita di Suara.com. Namun adanya perubahan kebijakan membuat media sosial tidak lagi menjadi satu- satunya andalan Suara.com dalam memperoleh traffic pembaca.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: distribusi berita, kebijakan redaksional, media online
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:54
Last Modified: 10 May 2023 08:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11203

Actions (login required)

View Item View Item