Galih Permadi, Agustinus (2018) Motif Penggemar Klub Manchester United dalam Penggunaan Media Online Manutd.com pada United Indonesia: Survei terhadap Komunitas United Indonesia Chapter Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga dengan penggemar terbesar di dunia. Banyak klub-klub besar lahir dan memiliki penggemarnya masing-masing, salah satunya adalah Manchester United. United Indonesia (UI) adalah komunitas dari penggemar klub Manchester United yang sudah berjalan 12 tahun lamanya, semenjak 20 Agustus 2006 lalu dibentuk. Perkembangan UI semakin meningkat tiap tahunnya. Munculnya daerah (chapter) baru, semakin memperbesar lingkup komunitas ini. Penelitian yang berjudul "Motif Penggemar Klub Manchester United dalam Penggunaan Media Online manutd.com pada United Indonesia (Survei terhadap Komunitas United Indonesia chapter Tangerang)" ini bertujuan untuk mengetahui motif dan kepuasan komunitas penggemar klub Manchester United dalam penggunaan media online manutd.com pada United Indonesia chapter Tangerang. Penelitian ini terdiri dari satu variabel, yaitu Motif sebagai variabel X. Penelitian ini bersifat deskriptif dalam pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yang dilakukan penyebaran kuesioner kepada 286 responden anggota United Indonesia chapter Tangerang. Dari hasil penelitian ini, diperoleh jika motif yang paling terpuaskan adalah Motif 2 (X2), dengan indikator sebagai Motif Informasi yang memiliki mean sebesar 4,7063. Sedangkan, Motif terkecilnya adalah Motif 6 (X6), dengan indikator sebagai Motif Hiburan yang memiliki mean sebesar 3,1049. Dari khalayak atau responden yang diteliti, penggunaan media manutd.com ini dapat memuaskan pembacanya, karena hasil penelitian mengungkapkan bahwa media online manutd.com cenderung mampu memuaskan khalayaknya. Motif responden pun terpenuhi dalam penggunaan media online manutd.com.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Motif, Survei, Kuesioner, manutd.com |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 03:03 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 02:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11296 |
Actions (login required)
View Item |