Analisis Pengaruh Network Externalities terhadap Perceived Enjoyment, Perceived Usefulness, dan Perceived Switching Cost serta Implikasinya terhadap Continuance Intention: Telaah pada Aplikasi Mobile Instant Messaging Telegram

Paramesti, Anindya (2019) Analisis Pengaruh Network Externalities terhadap Perceived Enjoyment, Perceived Usefulness, dan Perceived Switching Cost serta Implikasinya terhadap Continuance Intention: Telaah pada Aplikasi Mobile Instant Messaging Telegram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (875kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Saat ini, jumlah pengguna internet di Indonesia semakin meningkat. Dengan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat, diikuti juga dengan meningkatnya jumlah pengguna smartphone di Indonesia. Rata – rata, fasilitas yang paling sering digunakan oleh mayoritas orang Indonesia adalah untuk chatting. Dengan tingginya minat orang Indonesia untuk melakukan komunikasi dengan chatting pada smartphone nya, diikuti pula dengan kemunculan beberapa aplikasi mobile instant messaging (MIM). Aplikasi seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk, Telegram, dll. Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi MIM yang paling tinggi peminatnya di Indonesia. Meskipun menjadi aplikasi yang paling banyak peminatnya, WhatsApp memiliki pesaing yaitu Telegram. Telegram memiliki user interface yang serupa dengan WhatsApp. Telegram juga memiliki fitur yang unggul seperti enkripsi chat yang tidak bisa disadap, mengirimkan file dengan ukuran maksimal 1.5 GB, dapat bermain game dengan fitur bot, multi platform,penyimpanan berbasis cloud, secret chat, serta dapat menampung anggota grup hingga lebih dari 5000 orang. Meskipun dengan keunggulan yang dimiliki oleh Telegram, pengguna Telegram masih jauh dibawah pesaingnya yaitu WhatsApp. Menurut similarweb.com, Telegram masih berada di peringkat 11, jauh dari WhatsApp yang berada di peringkat pertama. Selain itu, Telegram sempat mengalami pemblokiran di Indonesia karena aplikasi tersebut digunakan oleh anggota ISIS untuk berkomunikasi karena tingkat keamanan yang tinggi. Dengan permasalahan yang dihadapi oleh Telegram, yaitu rendahnya pengguna aplikasi Telegram dilihat dari peringkatnya dan pemblokiran aplikasi yang dialami, penelitian ini akan membahas apakah faktor – faktor seperti referent network size, perceived complementarity perceived usefulness, perceived enjoyment, dan perceived switching cost dapat mempengaruhi continuance intention pada aplikasi MIM Telegram. Model penelitian dalam penelitian ini memiliki sembilan hipotesis yang telah diuji menggunakan Structural Equation Model. Sample size dari penelitian ini berjumlah 143 responden dengan sampling unit dari penelitian ini adalah pria dan wanita berusia 19 hingga 39 tahun, berdomisili di daerah JABODETABEK, pernah menggunakan aplikasi Telegram dan memiliki orang –orang terdekat (teman, keluarga, atau kolega) yang menggunakan aplikasi Telegram. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan positif antara perceived usefulness dengan continuance intention, perceived enjoyment dengan continuance intention, referent network size dengan perceived usefulness, referent network size dengan perceived enjoyment, referent network size dengan continuance intention, perceived complementarity dengan perceived usefulness, perceived complementarity dengan perceived enjoyment, dan perceived complementarity dengan continuance intention. Namun, penelitian ini tidak ditemukannya pengaruh antara perceived complementarity dengan continuance intention serta variabel perceived switching cost dengan continuance intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: referent network size, perceived complementarity, perceived usefulness, perceived enjoyment, perceived switching cost,dan continuance intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.42 Cost Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Dec 2019 07:46
Last Modified: 28 Jun 2023 02:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11637

Actions (login required)

View Item View Item