Strategi Social Media Marketing Zalora Indonesia dalam Meningkatkan Brand Engagement (Studi Kasus Kampanye Harbolnas 2018 di Instagram)

Yunny, Yunny (2019) Strategi Social Media Marketing Zalora Indonesia dalam Meningkatkan Brand Engagement (Studi Kasus Kampanye Harbolnas 2018 di Instagram). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce di Indonesia. Melalui kegiatan social media marketing pada kampanye Harbolnas 2018, Zalora berhasil mendapatkan peningkatan jumlah pengunjung web sebanyak dua juta pengunjung dan jumlah transaksi sebanyak lima belas kali lipat dibandingkan penjualan pada hari biasanya. Judul skripsi ini adalah "Strategi Social Media Marketing Zalora Indonesia dalam Meningkatkan Brand Engagement: Studi Kasus Kampanye Harbolnas 2018 di Instagram". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi social media marketing yang dilakukan Zalora Indonesia dalam meningkatkan brand engagement melalui akun Instagram pada periode kampanye Harbolnas 2018. Untuk menganalisis social media marketing yang dilakukan Zalora, peneliti menggunakan model strategi The Social Media Strategy Wheel dari Breakenridge. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa strategi yang dilakukan Zalora Indonesia adalah dengan memaksimalkan konten organik, influencer edorsement, dan giveaway yang akhirnya berhasil meningkatkan brand engagement dengan peningkatan impressions sebanyak 100-150% atau traffic sebanyak dua kali lipat, dan pertumbuhan followers sebanyak sebelas ribu dalam waktu satu minggu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye Harbolnas 2018 Zalora, E-commerce, Social Media Marketing
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:51
Last Modified: 15 May 2023 02:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item