Model Bisnis Media Online pada Gatra.com

Sisilia Sinabutar, Yenifer (2019) Model Bisnis Media Online pada Gatra.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (880kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (915kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (842kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan pesat dan telah dirasakan juga dalam bidang jurnalistik. Dengan hadirnya internet dapat memberikan berbagai perubahan pada media, termasuk membawa masyarakat masuk ke dalam era digital. Dalam era ini media turut mempertahankan eksistensinya sebagai media informasi dengan melakukan perubahan yang sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini. Hal tersebut terjadi pada sebuah media cetak yang ada di Indonesia salah satunya yaitu pada majalah Gatra. Majalah Gatra merupakan majalah berita yang terbit mingguan yang melakukan perubahan dengan membangun Gatra.com, sebagai media informasi baru yang dapat diakses dengan menggunakan internet. Maka penelitian ini bertujuan untuk menunjukan proses Gatra.com sebagai media online dalam menghadapi persaingan media online yang sudah banyak tumbuh dan berkembang di Indonesia. Proses ini dapat dilihat melalui model bisnis yang digunakan oleh Gatra.com sebagai media online yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan konsep model bisnis dari Van Tassel dan Poe-Howflied yang diolah dengan menggunakan metode studi kasus. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa model bisnis Gatra.com terdiri dari dengan pembuatan struktur organisasi baru yang terlepas dari majalah Gatra, tampilan website, tampilan aplikasi, peringkat website berdasarkan Alexa.com, hingga penyebaran konten melalui media sosial. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Gatra.com merupakan sebuah media yang dapat dikatakan kalah saing karena proses perkembangannya dinilai cukup lambat. Namun dalam mempertahankan eksistensi sebagai media, saat ini Gatra.com dapat mampu bersaing dengan media online lain yang mulai berkembang pada era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media massa, era digital, internet, model bisnis, media online
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.7 Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:25
Last Modified: 10 May 2023 07:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11662

Actions (login required)

View Item View Item