William, Alvin (2016) Rancang bangun game pembelajaran algoritma sorting menggunakan algoritma durstenfeld shuffle. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pembelajaran algoritma merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembelajaran pemrograman. Namun algoritma sendiri cenderung rumit dan sulit untuk dimengerti oleh pelajar. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah pembuatan proses pembelajaran yang fun untuk pelajar, dan pada penelitian ini akan dikembangkan suatu aplikasi game pembelajaran algoritma dengan tujuan meningkatkan motivasi pelajar. Algoritma yang dipilih sebagai materi pembelajaran untuk penelitian ini adalah berbagai algoritma sorting, yaitu bubblesort, selection sort, insertion sort, shell sort, heap sort, merge sort, dan quick sort. Algoritma sorting sendiri merupakan salah satu algoritma yang dipelajari pada awal pembelajaran programming dan dapat diterapkan pada berbagai bidang. Dalam pembuatan soal diterapkan algoritma pengacakan Durstenfeld Shuffle. Setelah pengetesan algoritma Durstenfeld Shuffle hanya memberikan satu sequence yang muncul dua kali. Setelah pengujian diketahui bahwa game mempengaruhi Behavioral Intention to Use sebesar 67% dalam meningkatkan motivasi belajar para pelajar dalam mempelajari algoritma sorting, dan mempengaruhi Immersion sebesar 65% dalam menarik perhatian pelajar ke game. Kata kunci: Hedonic Motivation System Adoption Model, programming game,sorting, shuffle, Unity.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods 300 Social Sciences > 370 Education > 370 Education 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 793 Indoor Games and Amusements |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 08:43 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:57 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1167 |
Actions (login required)
View Item |