Wirawan, Felix (2018) Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Compatibility, Subjective Norms, Perceived Risk dan Perceived Cost terhadap Behavioral Intention to Adopt Whatsapp Business Telaah pada Usaha Mikro di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan teknologi dimasa kini dinilai memiliki perkembangan yang pesat. Salah satu contoh perkembangan teknologi yaitu Internet, dimana internet di percaya sebagai salah satu teknologi yang dapat menghubungkan antara pembeli dan penjual. Fenomena tersebutpun mulai dimanfaatkan oleh sedikit pelaku usaha bisnis di Indonesia. Contoh penggunaan teknologi dan internet yang dimanfaatkan oleh pelaku usaha yaitu penggunaan aplikasi Whatsapp Business. Whatsapp Business mencoba untuk menarget pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) karena melihat besarnya jumlah pengguna Whatsapp di Indonesia. Tetapi ada permasalahan dimana para UMKM(Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia masih belum menggunakan dan memaksimalkan penggunaan teknologi dalam menjualkan produk mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat faktor – faktor yang dapat mempengaruhi Behavioral Intention to Adopt pada aplikasi Whatsapp Business. Model kausal dalam penelitian ini disampaikan dengan 8 hipotesis dengan bantuan perangkat lunak LISREL versi 8.8. Peneliti menggunakan LISREL dikarenakan LISREL dapat membantu peneliti melakukan perhitungan model struktural variabel secara bersamaan tanpa harus melakukan perhitungan setiap variabel. Sampel pada penelitian ini mengacu pada pria maupun wanita, dengan rentang usia produktif (18-64 tahun), menggunakan whatsapp messenger, memiliki bisnis dengan ketentuan karyawan tidak lebih dari 10 orang, bisnis berdomisili di Tangerang dan Jakarta, mengetahui aplikasi Whatsapp Business, namun belum pernah menggunakan aplikasi Whatsapp Business. Ukuran sampel yang terdapat pada penelitian ini melibatkan 192 responden. Hasil analisis menunjukan bahwa behavioral intention to adopt dipengaruhi oleh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Compability, Subjective Norm, Perceived Risk, serta Perceived Trust. Terdapat pengaruh antara Perceived Ease of Use terhadap Perceived Usefulness. Namun ditemukan bahwa perceived cost tidak memiliki pengaruh terhadap Behavioral Intention to Adopt dikarenakan para responden peneliti yang memang memiliki bisnis, memiliki penghasilan sendiri dan dianggap mampu memenuhi biaya-biaya yang harus ditanggung dalam penggunaan aplikasi Whatsapp Business. Hasil penelitan menunjukan bahwa responden tertarik dalam menggunakan / mengadopsi Whatsapp Business dimasa datang. Dengan demikian, peneliti menyarankan Whatsapp Inc untuk lebih mengarahkan Whataspp Business ke bidang e-commerce salah satunya adalah dengan merealisasikan saran peneliti yaitu menciptakaan sistem pembayaran Whatsapp Business sehingga mempermudah transaksi antara penjual dan pembeli. Compatibility merupakan variabel paling berpengaruh terhadap Behavioral Intention to Adopt.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Compability, Subjective Norm, Perceived Risk, Perceived Cost, Perceived Trust, Behavioral Intention to Adopt |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 02:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 06:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11705 |
Actions (login required)
View Item |