Jurnalis, Hierarchy of Influence, dan Global Media Franchise di Indonesia: Studi Kasus Jurnalis Vice Indonesia dalam Pemilihan Topik dan Angle Tulisan Unik

Hutomo, Narendra (2019) Jurnalis, Hierarchy of Influence, dan Global Media Franchise di Indonesia: Studi Kasus Jurnalis Vice Indonesia dalam Pemilihan Topik dan Angle Tulisan Unik. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (977kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (939kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Oleh: Narendra Hutomo M. . Salah satu proses dari produksi konten media merupakan pemilihan topik dan angle. Kedua hal tersebut dapat berpengaruh terhadap seberapa terkenalnya berita tersebut serta perhatian yang didapatkan dari audiensnya. Topik dan angle tersebut pada umumnya sebelum dipilih diproses oleh jurnalis dari sebuah media, yang dalam prosesnya dapat terkena pengaruh-pengaruh yang mengitari jurnalis beserta organisasi media dimana dia berkerja. Jurnalis Vice Indonesia terkenal akan praktik dan pendekatan jurnalistik mereka yang tidak umum di Indonesia, termasuk mengangkat topik beserta angle yang tak jarang `nyeleneh'. Vice Indonesia sendiri merupakan media franchise dari Vice Media, sebuah media dari Amerika Serikat yang berfokus ke topik budaya dan subukultur anak muda dan hal-hal yang banyak dianggap tabu seperti sex dan penggunaan narkoba, sehingga terkenal akan kenyelenehannya juga. Dengan menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif, penelitian ini berusaha mencari tahu proses dari bagaimana jurnalis Vice Indonesia memilih topik dan angle serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dipandang melalui konsep Hierarchy of Influence, yang diukung beberapa teori dan konsep lain yaitu konsep jurnalis, News Value, Global Media Franchise, media alternatif serta napaktilas media alternatif di Indonesia, dan juga counterculture. Penelitian ini akhirnya menyimpulkan bahwa proses pemilihan topik dan angle tulisan unik di Vice Indonesia dimulai pada tingkatan individual, kemudian media routines, dan terakhir social institutions. Faktor-faktor yang seringkali mempengaruhi merupakan faktor individual (latarbelakang, bias), acuan news value, audiens, kebijakan, ideologi dan politik redaksi, media lain yang merupakan sumber berita dan yang dianggap setara, kontrol pemerintah, kebijakan "Vice One Asia", dan faktor ekonomi media.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Jurnalis, Topik, Angle, Hierarchy of Influence, Vice Indonesia
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:32
Last Modified: 26 Apr 2023 08:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item