Analisis Praktik Pekerja Kreatif di Media Sosial Youtube: Studi Kasus Tiga Vlogger

Marsella, Marsella (2019) Analisis Praktik Pekerja Kreatif di Media Sosial Youtube: Studi Kasus Tiga Vlogger. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (988kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (920kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Generasi milenial yang lahir pada era internet yang melek terhadap media sosial. Media sosial juga merupakan salah satu bentuk dari media baru sebagai wujud perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Media sosial merupakan sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0. Industri kreatif merupakan industri yang terkena imbas atau distrupsi dari adanya perkembangan teknologi dan komunikasi. Hadirnya era digital ini menambahkan vlogger sebagai sebuah profesi atau pekerja industri kreatif. BEKRAF dalam wawancara dengan Technologue.id pada Maret 2018 mengatakan bahwa menjadi Youtuber, vlogger, dan blogger merupakan pekerjaan utama kebanyakan orang. Dalam penelitian ini, penulis memperdalam terkait pekerja kreatif, yaitu vlogger. Konsep yang digunakan adalah Participatory Culture, Pekerja kreatif, dan jurnalisme gaya hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, sifat deskriptif, dan menggunakan paradigma post-positivisme. Hasil penelitian menyatakan bahwa analisis pekerja kreatif, yaitu vlogger dapat dilihat dari otonomi, otonomi manajemen, kreativitas, dan komersil, serta audiens. Penelitian ini juga menyatakan bahwa vlogging merupakan perwujudan dari participatory culture dan karya jurnalistik yang membagikan informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Youtube, Vlog, Participatory Culture, Pekerja Kreatif, Jurnalisme Gaya Hidup
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:19
Last Modified: 28 Apr 2023 01:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item