Kajian Keterkaitan Film Indonesia yang Memiliki Latar Cerita Luar Negeri terhadap Aspek Kepenontonan

Halim, Dianita (2019) Kajian Keterkaitan Film Indonesia yang Memiliki Latar Cerita Luar Negeri terhadap Aspek Kepenontonan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (302kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Film Indonesia mengalami berbagai pasang surut pada beberapa periode tertentu. Dari pasang surut tersebut terdapat salah satu ciri khas film Indonesia yang selalu ada, baik ketika sepi penonton maupun tidak. Ciri tersebut adalah film Indonesia yang banyak menggunakan latar cerita luar negeri. Sejak tahun 1990 hingga 2018, terdapat 106 judul film Indonesia yang memiliki latar cerita luar negeri. Film-film tersebut perlu dikaji melalui aspek kepenontonannya guna mengetahui keterkaitan aspek kepenontonan dan motivasi penonton film Indonesia dengan latar cerita luar negeri. Motivasi penonton tidak hanya terbatas pada dimensi proses keputusan pembelian penonton melainkan juga mencakup aspek politis, seperti sinema- sebagai-lembaga dan ideologi dominan. Hal ini didasari oleh pendapat Mayne (2002) yang menyatakan bahwa setiap film memiliki sebuah ideologi dominan di dalamnya. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode discourse analysis atau yang lebih dikenal sebagai analisis wacana yang mengandung pesan-pesan komunikasi baik secara gambar maupun teks. Hasil analisis menunjukkan bahwa penonton film Indonesia dengan latar cerita luar negeri memiliki keterkaitan dengan hal-hal dalam spectatorship, seperti adanya pengaruh dari ideologi dan kebudayaan dominan yang mempengaruhi mental dan benak penonton sehingga berpengaruh pada bentuk eskapisme, katarsis, dan faktor keputusan pembelian tiap individu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: film Indonesia, spectatorship, motivasi penonton, film Indonesia berlatar cerita luar negeri
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:21
Last Modified: 13 Sep 2023 01:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item