Halim, Dianita (2019) Kajian Keterkaitan Film Indonesia yang Memiliki Latar Cerita Luar Negeri terhadap Aspek Kepenontonan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (416kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (302kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Film Indonesia mengalami berbagai pasang surut pada beberapa periode tertentu. Dari pasang surut tersebut terdapat salah satu ciri khas film Indonesia yang selalu ada, baik ketika sepi penonton maupun tidak. Ciri tersebut adalah film Indonesia yang banyak menggunakan latar cerita luar negeri. Sejak tahun 1990 hingga 2018, terdapat 106 judul film Indonesia yang memiliki latar cerita luar negeri. Film-film tersebut perlu dikaji melalui aspek kepenontonannya guna mengetahui keterkaitan aspek kepenontonan dan motivasi penonton film Indonesia dengan latar cerita luar negeri. Motivasi penonton tidak hanya terbatas pada dimensi proses keputusan pembelian penonton melainkan juga mencakup aspek politis, seperti sinema- sebagai-lembaga dan ideologi dominan. Hal ini didasari oleh pendapat Mayne (2002) yang menyatakan bahwa setiap film memiliki sebuah ideologi dominan di dalamnya. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode discourse analysis atau yang lebih dikenal sebagai analisis wacana yang mengandung pesan-pesan komunikasi baik secara gambar maupun teks. Hasil analisis menunjukkan bahwa penonton film Indonesia dengan latar cerita luar negeri memiliki keterkaitan dengan hal-hal dalam spectatorship, seperti adanya pengaruh dari ideologi dan kebudayaan dominan yang mempengaruhi mental dan benak penonton sehingga berpengaruh pada bentuk eskapisme, katarsis, dan faktor keputusan pembelian tiap individu.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | film Indonesia, spectatorship, motivasi penonton, film Indonesia berlatar cerita luar negeri |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 07:21 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 01:15 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11842 |
Actions (login required)
View Item |