Wijaya, Kevin (2018) perancangan kampanye sosial untuk meningkatkan kesadaran akan vaksinasi campak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
bab iii.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
bab iv.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (821kB) |
|
Text
bab v.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (835kB) |
|
Text
halaman awal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
bab i.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (721kB) |
|
Text
bab ii.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Campak merupakan salah satu penyakit menular yang paling mematikan, yang menjangkit jutaan anak tiap tahunnya. Vaksinasi merupakan pencegahan terbaik terhadap campak. Akan tetapi, dewasa ini penggunaan vaksin banyak berkurang karena banyaknya hoax atau miskonsepsi seputar vaksin. Hal ini mengakibatkan angka vaksinasi di Indonesia terus menurun, dan angka campak terus meningkat. Perancangan kampanye ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan vaksinasi campak bagi masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, wawancara dengan petugas-petugas kesehatan dan kementerian kesehatan, kuisioner, dan existing study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase vaksinasi campak di Indonesia berada di bawah batas aman menurut World Health Organization. Perancangan kampanye sosial ini mengedepankan motivasi positif dan ajakan dibandingkan menggunakan ancaman dan rasa takut. Hal ini ditampilkan melalui namanya, “ABC – Aku Bebas Campak,” yang dirancang agar memberikan kesan bahwa menciptakan masyarakat yang lebih sehat adalah “semudah A-B-C.” Warna utama yang digunakan adalah biru pastel kehijauan untuk merepresentasikan kesehatan, harmoni, dan kepercayaan. Media yang digunakan dalam kampanye adalah poster, media sosial, brosur, banner, penyuluhan, dan merchandise. Dengan merancang kampanye menggunakan motivasi positif, masyarakat jadi lebih siap menerima pesan yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation 300 Social Sciences > 350 Public administration and military science > 353 Specific Public Administration (Incl. Social Welfare, Health Services; Safety, Mitigation, Waste Control; Public Justice, Corruption) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 02:51 |
Last Modified: | 27 May 2023 07:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11878 |
Actions (login required)
View Item |