Youngky, Youngky (2018) perancangan shot pada animasi pendek 2d “aidel”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
bab i.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (893kB) |
|
Text
halaman awal.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (869kB) |
|
Text
bab ii.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
bab v.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (889kB) |
|
Text
bab iii.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text
bab iv.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Storyboard merupakan jiwa dari sebuah film animasi, dimana ia memberi gambaran keseluruhan sebuah ide cerita. Karena itulah para animator hendaknya sangat memperhatikan proses ini dalam membuat animasi mereka. Adapun visual dalam storyboard disebut dengan shot. Shot bertujuan untuk memaparkan makna dan tujuan dari aksi yang digambarkan, supaya audiens paham terhadap informasi yang ingin disampaikan. Proyek Tugas Akhir ini akan membahas proses rancangan shot untuk membawakan sebuah cerita dengan genre slice of life, dimana ia diambil dari unsur kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan utama proses perancangan shot dalam animasi ini adalah untuk mengarahkan fokus audiens terhadap tokoh utama, tepatnya pada aspek perubahan emosi tokoh tersebut, sebagai penggerak utama dari cerita ini. Metode penelitian dalam proyek ini bersifat kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui riset literatur, serta observasi langsung aktivitas dalam kehidupan nyata. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pentingnya perancangan shot dalam membuat animasi. Dari hasil perancangan ini, ditemukan bahwa jenis shot close up dan medium shot adalah pilihan yang secara umum digunakan untuk mengarahkan fokus terhadap karakter dibanding lingkungan sekitarnya, sehingga pengunaan jenis shot tersebut akan membuat perubahan emosi tokoh utama terlihat dengan jelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 06:59 |
Last Modified: | 03 May 2023 01:27 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12007 |
Actions (login required)
View Item |