Setya, Victor (2012) analisis dan perancangan aplikasi business intelligence pada bagian pemasaran universitas multimedia nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memiliki visi menjadi perguruan tinggi unggulan di bidang teknologi informasi dan komunikasi baik di tingkat nasional dan internasional. Oleh sebab itu, bagian pemasaran UMN memerlukan informasi yang tepat dan akurat mengenai asal, jalur pendaftaran, serta program studi mahasiswa dan calon mahasiswa UMN dari tahun ke tahun untuk menentukan strategi pemasarannya. Penelitian ini berusaha menjawab kebutuhan informasi tersebut dengan merancang sebuah sumber data yang bersih dan terarah dalam bentuk data warehouse. Data yang sudah diolah tersebut kemudian akan disajikan menjadi informasi yang berguna melalui aplikasi business intelligence. Pada proses pengembangannya, penelitian ini menggunakan metodologi Business Dimensional Lifecycle yang dikembangkan oleh Ralph Kimball dan koleganya. Pada akhirnya, penelitian ini berhasil menghasilkan sebuah data warehouse yang memuat sumber data yang bersih dan konsisten mengenai data demografi calon mahasiswa serta mahasiswa yang ada di UMN. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan sebuah aplikasi business intelligence yang dapat menampilkan informasi tersebut ke dalam bentuk interactive report dan interactive dashboard.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 06:34 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 05:23 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12089 |
Actions (login required)
View Item |