Setiawan, Deny (2016) Data visualisasi perkembangan dan penjualan toko buku Gramedia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Data visualization adalah teknologi yang mendukung visualisasi dan interpretasi dari data-data yang ada di dalam sebuah perusahaan (Turban, 2007). Dengan Data Visualization maka data akan mudah dipahami sehingga dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan (Haryati, 2008). PT. Gramedia Asri Media merupakan anak perusahaan Kompas Gramedia yang berdiri pada tanggal 2 Februari 1970. Toko buku Gramedia hadir dalam rangka memperkuat penyebaran produk dari terbitan Kompas Gramedia dan juga menjadi pusat penjualan buku impor di Indonesia. Dalam mendukung kegiatan sehari-hari Gramedia menggunakan database Oracle. Hingga 2015 PT. Gramedia Asri Media telah memiliki 110 toko yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Agar mempermudah dalam melakukan analisa, penulis mengajukan pembuatan sebuah data visualisasi dengan aplikasi Tableau dan Spoon dengan metode yang digunakan adalah Visual Data Mining yang akan dibangun untuk data perkembangan dan penjualan toko Gramedia. Hasil dari visualisasi yang telah dibuat adalah sebuah story yang terdiri dari tiga dashboard yang terdiri dari pemetaan toko Gramedia, penjualan per bulan, dan penjualan per kategori yang dapat digunakan Manajer atau pengambil keputusan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 08:12 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 05:29 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1219 |
Actions (login required)
View Item |