Data visualisasi perkembangan dan penjualan toko buku Gramedia

Setiawan, Deny (2016) Data visualisasi perkembangan dan penjualan toko buku Gramedia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (783kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Data visualization adalah teknologi yang mendukung visualisasi dan interpretasi dari data-data yang ada di dalam sebuah perusahaan (Turban, 2007). Dengan Data Visualization maka data akan mudah dipahami sehingga dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan (Haryati, 2008). PT. Gramedia Asri Media merupakan anak perusahaan Kompas Gramedia yang berdiri pada tanggal 2 Februari 1970. Toko buku Gramedia hadir dalam rangka memperkuat penyebaran produk dari terbitan Kompas Gramedia dan juga menjadi pusat penjualan buku impor di Indonesia. Dalam mendukung kegiatan sehari-hari Gramedia menggunakan database Oracle. Hingga 2015 PT. Gramedia Asri Media telah memiliki 110 toko yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Agar mempermudah dalam melakukan analisa, penulis mengajukan pembuatan sebuah data visualisasi dengan aplikasi Tableau dan Spoon dengan metode yang digunakan adalah Visual Data Mining yang akan dibangun untuk data perkembangan dan penjualan toko Gramedia. Hasil dari visualisasi yang telah dibuat adalah sebuah story yang terdiri dari tiga dashboard yang terdiri dari pemetaan toko Gramedia, penjualan per bulan, dan penjualan per kategori yang dapat digunakan Manajer atau pengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:12
Last Modified: 18 Jan 2022 05:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item