Natalia, Gisela (2015) Pola pemberian amplop dan sikap wartawan media online. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Praktik penyalahgunaan profesi wartawan sudah menjadi fenomena yang besar di Indonesia. Salah satunya adalah praktik pemberian amplop pada wartawan. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti karena meski mereka memahami bahwa hal ini melanggar kode etik jurnalistik, masih banyak wartawan yang mau menerima amplop. Posisi wartawan dan media massa yang strategis menjadi incaran narasumber untuk menjadi medium bagi berita yang mereka inginkan. Terlebih lagi dengan adanya media baru, yakni media online yang dapat dengan cepat menyebarkan berita dan dijangkau oleh semua kalangan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan amplop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pemberian amplop dan bagaimana sikap wartawan media online setelah menerima amplop. Model yang digunakan adalah model deskriptif dengan jenis kuantitatif. Acuan teori dalam penelitian adalah teori The Gift Mauss yang memiliki pandangan bahwa hadiah tidak pernah “bebas” diberikan tanpa ada kewajiban untuk membalasnya. Hadiah selalu menimbulkan kewajiban untuk terjadinya pertukaran yang bersifat timbal balik. Instrumen dalam penelitian ini adalah penyebaran angket. Responden yang digunakan adalah wartawan media online yang pernah menerima amplop berjumlah 20 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa 55 persen responden setuju bila mereka menerima pemberian tiket gratis untuk keperluan resensi, seluruh responden setuju bila pihak yang mereka liput memberikan fasilitas makan siang gratis, 85 responden stuju bila mereka menerika materi dan fasilitas karena upah atau gaji yang tidak mencukupi, dan 95 persen responden setuju bila mereka masih menjaga akurasi berita yang mereka buat meski sudah menerima amplop.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 May 2017 09:57 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/128 |
Actions (login required)
View Item |