Strategi komunikasi antarpribadi di guru sekolah slow learner dalam membangun konsep diri siswa (studi kasus pada sma budi waluyo)

Hermawan, Claudia Anithika (2014) Strategi komunikasi antarpribadi di guru sekolah slow learner dalam membangun konsep diri siswa (studi kasus pada sma budi waluyo). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (894kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (769kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (736kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Keterlambatan dalam fungsi intelektual yang dialami anak slow learner menyebabkan respon dan daya tangkap mereka menjadi lebih lamban dari orang normal. Dengan kondisi tersebut, anak slow learner kerap mengalami kegagalan serta mendapatkan pandangan dan perlakuan berbeda yang membuat mereka cenderung memiliki konsep diri negatif. Penelitian ini berupaya untuk meneliti strategi komunikasi antarpribadi guru sekolah slow learner dalam membangun konsep diri siswa. Melalui komunikasi antarpribadi dengan salah satu significant others yakni gurunya, anak slow learner dapat mengembangkan konsep diri dan potensi mereka menjadi lebih baik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori akomodasi komunikasi, serta aspek - aspek komunikasi antarpribadi yang mencakup efektivitas komunikasi antarpribadi, komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, dan mendengarkan (listening). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tataran dan cara analisis data deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi antarpribadi yang dilakukan para guru dalam membangun konsep diri siswa adalah strategi pesan verbal, non verbal, mendengarkan (listening) teknik nonjudgemental dan depth, serta melakukan sikap keterbukaan, empati, sikap positif, dukungan dan kesetaraan untuk membangun konsep diri positif bagi anak slow learner. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah kendala yang bersifat psikologis maupun fisiologis baik dari guru maupun siswa. Peneliti merekomendasikan agar penelitian ini dapat terus dikembangkan dengan melihat aspek lain yang dapat mempengaruhi konsep diri siswa misalnya aspek psikologis utamanya dalam proses pembentukan konsep diri siswa slow learner dengan menggunakan paradigma konstruktivis.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
300 Social Sciences > 370 Education > 370 Education
300 Social Sciences > 370 Education > 371 Schools and their activities, special education
300 Social Sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:18
Last Modified: 27 Jan 2023 03:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item