Model Bisnis Media Online: Studi Kasus Media Online Nova.id

Sukma Amalia, Tyas (2020) Model Bisnis Media Online: Studi Kasus Media Online Nova.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (228kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet memang menjadi pendorong awal mula kelahiran jurnalisme online. Munculnya berbagai inovasi platform digital memaksa para pengelola media untuk beradaptasi dengan lingkungan media yang baru. Hal ini dikarenakan para konsumen sudah menggunakan cara yang berbeda untuk menggunakan media dan menerima informasi, sehingga produk-produk jurnalistik mengikuti perubahan demi mendapat eksistensi di masyarakat. Dalam membangun sebuah media online akan ada bentuk pengelolaan media online yang akan berbeda dari media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Nova.id memproduksi konten, mendistribusikan konten, dan model bisnis Nova.id. Hasil penelitian menemukan bahwa Nova.id menerapkan beberapa model dari konsep model bisnis Van Tassel dan Poe-Howfield dalam menjalankan medianya. Namun, Nova.id juga membuat inovasi-inovasi baru yaitu melakukan campaign �Pintar Atur Uang�. Selain itu, Nova.id juga menerapkan konsep jurnalisme online di seluruh kontenkontennya dan memanfaatkan seluruh platform digital seperti website, YouTube, dan media sosial (instagram, facebook, dan twitter) untuk mendistribusikan kontennya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media online, jurnalisme online, model bisnis, Nova.id, media sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 12:11
Last Modified: 11 May 2023 01:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item